Dana Pilgub Jatim Rp 1 Triliun

ilustrasi

Kian mendekatnya pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur terus menggodok skema anggaran yang dibutuhkan.

Dalam rapat koordinasi Desk Pilkada di Ruang Kadiri, Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Pemprov kembali menegaskan biaya untuk pilgub akan menelan anggaran hampir Rp 1 triliun.

Rapat Desk Pilkada dihadiri Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu), Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo), Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Kodam V Brawijaya TNI AD, Polri, Humas dan Protokol Pemprov, Biro Administrasi Pemerintahan, dan Satpol PP Jatim.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setdaprov Jatim, Suprayitno, mengatakan, jumlah anggaran sebesar itu berdasarkan pengajuan dari sejumlah pihak, yakni KPU, kepolisian, TNI, dan Banwaslu, terkait suksesnya penyelenggaraan Pilgub.

Rinciannya, KPU menyampaikan anggaran sebesar Rp 646 miliar, pengamanan Polda Rp 78 miliar, Kodam V Brawijaya Rp 13 miliar, dan Banwas Rp 206 miliar.

Akan tetapi, anggaran ini, terang Suprayitno, masih bersifat usulan. Nanti akan dibahas dengan tim terkait, seperti BPPKAD, Bappeda, Biro Keuangan, dan Biro Hukum Pemprov. “Termasuk pembicaraan dengan KPU, Banwaslu, kepolisian, dan TNI,” ujarnya, seusai rapat Desk Pilkada.

Menurut Suprayitno, karena Pilgub digelar 29 Agustus 2013, sedangkan anggaran APBD 2012 sudah selesai, maka dari total anggaran hampir Rp 1 triliun yang dibutuhkan untuk Pilgub diharapkan dapat dianggarkan semua pada 2013.

Saat ini, anggaran yang sudah disiapkan untuk sekali putaran Pilgub sebesar Rp 600 miliar. Sementara untuk kekurangan dana masih dibahas lebih lanjut, mengingat dana yang diajukan bersifat usulan dari masing-masing pihak terkait. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim