Tabrak Karang, 9 ABK Diselamatkan Kapal Asing

ilustrasi: okilukito.wordpress.com

Sembilan anak buah kapal (ABK) asal Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, ditemukan terapung di perairan selat Bali pada Minggu (23/9/2012) dini hari.

Kapal motor (KM) Puger yang membawa kesembilan ABK itu menabrak sebuah karang hingga kapalnya pecah dan tenggelam. Mereka diselamatkan oleh sebuah kapal pesiar berbendara Amerika bernama SLV Love Song. Senin (24/9/2012) sore, mereka dievakuasi ke kepulauan terdekat di pulau Kangean, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep.

Saat dihubungi melalui ponsel, Camat Arjasa, Purwo, Selasa (25/9/2012) mengatakan, para ABK itu kini dirawat di Puskesmas Arjasa. “Kami langsung beri obat-obatan dan makanan karena mereka mengalami luka ringan di sekujur tubuhnya dan terendam selama dua hari,” jelas Purwo.

Kondisi kesembilan ABK tersebut sudah berangsur pulih. Hari ini mereka akan dikirim ke pelabuhan Kalianget Sumenep menggunakan kapal cepat. “Karena kebetulan hari ini ada jadwal kapal cepat, langsung kita kirim agar cepat pulang ke tempat tinggalnya,” tambah Purwo.

Pemilik KM Puger di Probolinggo juga sudah diberitahu dan siap untuk menjemput ABK tersebut di pelabuhan Kalianget.

Diungkapkan Purwo, para korban tenggelam itu berlayar dengan tujuan Papua. Mereka berangkat dari Probolinggo hari Sabtu lalu. Namun setibanya di perairan Selat Bali, kapal yang mereka tumpangi menabrak karang sehingga kapalnya pecah dan tenggelam. Beberapa barang bawaan mereka ikut tenggelam. Mereka berhasil selamat karena serpihan kayu kapal yang mereka gunakan sebagai pelampung. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim