Tanjung Perak Dilengkapi Alat Pengurung Minyak

ilustrasi: wartaekonomi.co.id

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dilengkapi perangkat peralatan pengurung minyak atau boom oil. Pemasangan boom oil mampu melokalisir tumpahan minyak di sekitar kolam pelabuhan sehingga mencegah kerusakan lingkungan.

Potensi tumpahan minyak, kata kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, besar terjadi di wilayah perairan dan di kolam pelabuhan akibat kesalahan pada tingkat produksi, transfer, kecelakaan kapal pengangkut minyak (tanker), dan lain-lain.

“Tidak hanya itu saja, di lapangan masih banyak dijumpai kapal-kapal yang dengan sengaja maupun tidak sengaja melakukan pembuangan limbah oli dari kapal,” katanya.

Oil boom di kolam Pelabuhan Tanjung Perak dipasang secara permanen sepanjang 200 meter. Material oil boom dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan sehingga tidak menghasilkan polusi.

Minyak yang berhasil dilokalisir disemprot dengan zat kimia ramah lingkungan yang mampu memecah partikel-partikel oil. Selain itu nantinya juga akan disediakan alat penghisap minyak (oil skimmer) dan alat penyerap minyak (oil absorbent), melengkapi alat penanggulangan tumpahan minyak (spill kits response) yang ada sekarang.

Setelah pengadaan perangkat oil boom, selanjutnya akan dibentuk tim tanggap darurat selaku operator oil boom.

“Tim ini akan bekerja sewaktu-waktu sesuai tupoksinya jika suatu saat terjadi tumpahan minyak,” jelasnya.

Pengadaan perangkat dan tim tanggap darurat itu sangat strategis mengingat Pelabuhan Tanjung Perak merupakan pintu gerbang perekonomian tidak hanya untuk Provinsi Jawa Timur, tetapi juga untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI), apalagi pelabuhan ini juga menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004.kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim