Jalur Menuju Lautan Pasir Bromo Ditutup

ilustrasi: kompas.com

Jalur Dingklik, Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, menuju lautan pasir Gunung Bromo, sepanjang 3,2 kilometer dengan lebar 4,5 meter ditutup total. Alasannya, karena ada perbaikan jalan. Dengan penutupan jalur tersebut, para pengunjung ke Lautan Pasir Bromo diharapkan menempuh jalur lain, yakni jalur dari Kabupaten Probolinggo maupun jalur Tumpang, Kabupaten Malang.

Penutupan total jalur melalui Dingklik itu disampaikan Setyo Utomo, Kabid I Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), yang berkantor di Kota Malang. Menurut Setyo Utomo, penutupan jalur itu dilakukan setelah ada kesepakatan bersama dengan Kadisbudpar Kabupaten Probolinggo, Muspika Sukapura, Kabupaten Malang, pihak Paguyuban Jeep Ngadisari, dan Perhutani Kabupaten Pasuruan.

“Penutupan itu dimulai pada 19 September sampai 28 November mendatang. Kami tak ingin ada wisatawan yang mengganggu perbaikan jalan yang akan dibangun itu,” katanya.

Selama ini, menurut Setyo, mayoritas wisatawan menggunakan jalur Probolinggo dan Pasuruan. “Kalau wisatawan yang menggunakan jalur di Kabupaten Malang cukup sedikit,” katanya.

Akses lewat Probolinggo dan Pasuruan, tambah Setyo, relatif banyak dan lebih mudah dijangkau karena akses jalan yang sudah bagus. “Kalau dari arah Malang, sampai Ngadas, jalannya berupa cor dari atas Coban Pelangi, tapi rusak,” katanya. kompas.com

11 Komentar Pembaca

  1. saya dari semarang rencana mau ke bromo tgl 3 januari kira kira jalur yang paling mudah dan aman lewat mana ya?
    mohon infonya
    terimakasih

    • saya sarankan lewat jalur probolinggo saja mas lebih aman dan jalannya juga lebih bagus, karena menurut info bulan kemarin yang jalur pasuruan terjadi longsor. Selamat berlibur :)

  2. maaf min saya rencana mau ke bromo tanggal 2 februari melihat cuaca yg ga tentu sprti ini apa awal februari bromo dan kawah ijen aman ? mohon info nya ya . terims :)

    • Kalo ke bromo masih aman koq, tapi saya sarankan lewat jalur probolinggo saja, karena denger kabar kemaren yang jalur via pasuruan sempet terjadi longsor.
      Ke kawah ijen juga masih aman koq, cuman mesti ati-ati karena jalan cenderung licin, saran saya lewat jalur bondowoso saja.

  3. Nah saya pake jasa tour min dan kebetulan dari air terjun coban rondo dlu baru ke bromo itu jalurnya aman ?

    • Oh, kemungkinan lewat jalur Tumpang tuh Mbak, aman koq, ntar sekalian bisa mampir ke coban pelangi sama coban trisula trus baru ke bromo

  4. Sy mau ke bromo nanti tgl 30jan-2feb, sampai saat ini situasi sekitar bromo masih amankah??
    Rencananya abis dr bromo mau ke madakaripura, ad info trackingnya ngga?? Ato harus pake jasa guide?
    Thanks

  5. Sya dari gresik, kira2 tgl 1 dan 2 november blan dpan aman g min?

    • Kalo Bromo masih aman, hanya saja info terakhir savana bukit teletubbies terbakar lagi, tp kalo hanya menuju kawah bromonya masih aman koq

  6. saya nanti mw ke bromo tanggal 6 feb 2015 kira2 bisa gak min kesana tanggal segitu?

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim