Rencana Stadion Rp100 Miliar di Tuban Tidak Pro-rakyat

ilustras: kotatuban.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, masih mengkaji rencana pembangunan stadion olahraga senilai Rp100 miliar.

Hal itu dilakukan setelah sejumlah kalangan melakukan protes atas rencana tersebut. Sebab, pengalokasian dana sebesar itu dianggap berlebihan.

“Belum. Itu masih dalam pembahasan eksekutif,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Infokom Pemkab Tuban, Joni Martoyo.

Joni juga belum bisa menjelaskan secara detail rencana pembangunan sarana olahraga tersebut. Termasuk, detail desain pembangunan infrastruktur stadion itu. Malah Joni balik bertanya dari mana sumber informasi pembangunan stadion senilai Rp100 miliar tersebut. Namun, setelah dijelaskan pihaknya masih belum bisa memberikan keterangan pasti terkait kebijakan tersebut.

“Kita belum bicara soal itu. Karena, masalah ini masih dalam kajian secara mendalam,” kilahnya mengakhiri pembicaraan.

Sikap Pemkab ini, diduga karena protes sejumlah kalangan atas rencana kebijakan yang bakal membangun stadion senilai Rp100 miliar dengan dana dari APBD 2012 ini.

Sejumlah pihak menilai, kebijakan itu dinilai tidak prorakyat. Terlebih, masih banyak bidang garahpan lainnya yang memerlukan konsentrasi anggaran APBD. Di antaranya, sektor pertanian, kelautan, banjir, kekeringan dan sebagainya.

“Kalau dilihat dari anggaran yang dialokasikan untuk pertanian dan sebagainya yang sangat kecil, kami juga menyimpulkan bahwa pemerintah kurang pro terhadap wong cilik,” kata Koordinator Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran(FITRA) Jawa Timur, Miftahul Huda.

Kesimpulan itu, terang dia, merupakan hasil kajian yang telah dilakukan untuk anggaran APBD tahun 2012 ini. Sedangkan untuk persoalan yang sifatnya mendesak tidak diprioritaskan. Di antaranya, anggaran perbaikan gizi masyarakat hanya Rp180 juta, peningkatan kesempatan kerja Rp390 juta, serta pemberdayaan fakir miskin nilainya hanya Rp65 juta.

“Termasuk, dana peningkatan produksi pertanian/perkebunan dan peternakan bagi ribuan petani yang hanya sebesar Rp1,3 miliar,” tambahnya. metronews.com

10 Komentar Pembaca

  1. kalau saya sich itu berlebihan. masih banyak rakyat tuban yang miskin dan anak yang putus sekolah karena gak punya uang. lebih baik sebagian dananya di alihkan untuk rakyat miskin. belum lagi jlan yang rusak, kan bisa membahayakan pengguna jlan. tpi aq juga setuju adanya pembangunan stadion di tuban. tpi ya jangan segitu toh anggarannya. trimaksih.

  2. Aku setuju aja..asal hasil stadion’nya memenuhi standart internasional

  3. kalau menurutku setuju saja apabila memang hal tersebut dapat mendongkrak wisata dan perekonomian rakyat tuban. tetapi tetap tidak melupakan hal-hal yang lebih vital lainnya.

  4. setuju aja karena itu bisa memajukan nama tuban untuk berkarir di dunia persepak bola,an di indonesia maupun di level asia karena selama ini masyarakat tuban belom pernah merasakan mempunyai tim kebangga,an kotanya sendiri bahkan di bagian selatan dan timur di wilayah tuban malah hanya bisa ikut mendukung tim kota terdekat seperti soko rengel parengan masyarakat yang hobi sepak bola hanya bisa mendukung klub persibo yang bukan milik kota kita sendiri maka sekarang sudah sa,atnya kita ikut mendukung rencana pembangunan stadion di kota kita yang nantinya juga bisa mendongkrak persepakbola,an di kota kita.

  5. Pembangunan stadion sebesar apapun boleh2 aja…tapi lihat dulu perekonomian rakyat jgn main bangun main bangun aja…bangunlah sesuatu dgn rasional…! lebih baik lagi ciptakan lapangan kerja yang mempuni…karena ekonomi faktor yang sangat di butuhkan…!orang gedean gk perlu bicara ekonomi krn smua udah terpenuhi…! lihat ke bawah jangan lihat ke atas aja…ingat waktu anda di pilih dgn seribu janji…janji…jgn sampai janji itu membakar jiwa kamu kelak di kemudian hari…!! allah maha segala galanya…!

  6. Di lokasi rencana pembangunan stadion tuban warga resah mendengar rencana stadion. Belum yg fakir miskin mau pindah kemana.

  7. Boleh aj bgun stadiun yang modern.tp jgn lupa makmurkn rakyat dlu.maju tuban

  8. saya setuju.biar kota wali bisa punya tim untuk bisa bermain di level tertinggi.masak kalah ama tetangga.aku dukung tros bumi wali.salam ronggomania

  9. klo aq sih setuju dnga adanya stadiaon baru smga suatu saaat tuban semakin maju.. dan di kenal kota” lain .. masalah anggaran semua udah ad yg atur .. walau 100 miliar gk jdi di bwt bngun stdion tpi akan sama aja kan ngggran nya masing kok…

  10. Saya setuju aja asal jangan di tengah kota klo bisa di daerah ndasin dekat laut biar keren tapi harus sekelas sansiro he..he… ”mimpi kali”

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 7592. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim