Pembangunan Infrastruktur di Madura Jadi Prioritas Pemerintah

ilustrasi: jaringnews.com

Pemerintah akan melakukan pembangunan kawasan Madura dengan mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh kabupaten.

“Kami soroti di rapat koordinasi ekonomi yaitu percepat pembangunan yang berada di seluruh kabupaten di Jawa Timur, jadi ada 5 daerah termiskin di Madura yang harus segera diatasi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa kepada wartawan di kantornya.

Oleh sebab itu, menurutnya, dibutuhkan upaya ekstra dari pemerintah dalam mempercepat pembangunan khususnya infrastuktur.

“Dalam rapat, saya sudah minta agar elektrifikasi (kelistrikan) di Madura dinaikkan (ditambah) dengan cepat. Sekarang sudah 48,67 persen elektrifikasi dari rata-rata nasional,” ujar Hatta.

Dan yang tak kalah penting, kata Hatta, adalah pembangunan infrastruktur air.

“Ada 3 sumber air yang telah kita pecahkan dalam 2 tahun belakangan ini. Yang pertama air baku, Waduk sudah ada yang dibangun di daerah Kabupaten, kedua air tanah dalam pompanisasi, dan yang ketiga air laut dalam proses desalinasi, ini sudah berhasil di salah satu pulau,” jelas Hatta.

Selama ini, kata Hatta, untuk mengurangi ketersediaan air, masyarakat rela membeli air dengan harga Rp1500 per liter. Tapi dengan teknologi baru desalinasi harganya akan lebih murah di bawah Rp 500 sehingga rakyat bisa terbantu.

“Lalu infrastruktur yang berkaitan dengan jalan, adalah jalan pedesaan. Pembangunan infrastruktur pedesaan yang betul-betul akan menjadi prioritas utama,” jelasnya.jaringnews.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim