Probolinggo Incar Lomba Kota Sehat Nasional

ilustrasi: kompas.com

Kota Probolinggo, Jawa Timur, yang dikenal sebagai Kota 1001 Taman, mengincar posisi sebagai peserta lomba Kota Sehat 2013 tingkat nasional setelah melalui tahapan verifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi Jawa Timur.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Matalil merasa Kota Probolinggo semakin mantap menjadi kota sehat setelah sejumlah bidang sudah mengalami kemajuan, termasuk bidang kesehatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sanusi Sapuan, melalui Kabid Sosial Budaya Setyorini Sayekti mengatakan, verifikasi Kota Sehat Jawa Timur diikuti oleh 16 daerah. Pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada 12 Oktober bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Bila berjaya dalam anugerah Kota Sehat tingkat Jatim, Kota Probolinggo bisa mengikuti anugerah Kota Sehat tingkat nasional pada tahun 2013 dan berharap mendapatkan penghargaan Swastisaba Wistara.

“Jika dapat penghargaan, Kota Probolinggo bisa menjadi jujugan dan referensi daerah lain. Jika sudah begitu, akan semakin banyak investor yang datang dan meningkatkan ekonomi warga,” katanya.

Salah satu upaya untuk meraih juara lomba Kota Sehat di antaranya dengan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama dan bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan.

“Dalam setiap waktu kita selalu mengajak masyarakat melakukan bersih-bersih di setiap lingkungan sekitar. Adipura terus kita raih. Kota Probolinggo juga dikenal dengan Kota 1001 Taman oleh daerah lain,” ujarnya.

Kota Probolinggo baru saja diverifikasi oleh tim dari provinsi di Puri Manggala Bhakti dan enam titik tatanan kawasan. Adapun keenam kawasan yang diverifikasi dan ditinjau oleh tim provinsi tersebut adalah kawasan permukiman meliputi sarana prasarana sehat di RW 2 Kelurahan Kebonsari Kulon, bank sampah di pasar baru dan SDN Kebonsari 2.

Lalu, tatanan masyarakat sehat mandiri di RW 2 Kelurahan Tisnonegaran, tatananan lalu lintas dan sarana transportasi di Jalan Pangsud dan Suroyo, terminal dan balai pengujian kendaraan. Kemudian, tatanan pangan dan gizi di RW 2 Kelurahan Karang Lor, tatanan industri dan perkantoran sehat di kantor Dinas Pendidikan, UKM Kinasih dan PT Indopherin Jaya. Serta tatanan sosial sehat di RW 2 Kelurahan Jati dan tempat penitipan anak permata. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim