Siswa Lamongan Magang soal Unggas di Thailand

ilustrasi: kompas.com

Novi Andriana, siswi jurusan Ternak Unggas SMK Muhammadiyah 6 Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, terpilih menjadi salah satu dari 10 siswa se-Indonesia yang menjadi peserta Program Magang Pertanian dan Petrnakan di Bangkok, Thailand. Selama 10 hari dia juga akan mengikuti lomba kompetensi bidang peternakan se-Asia Tenggara.

Novi terpilih setelah melalui seleksi ketat dari Kementerian Pertanian RI Agustus lalu. Ia akan berangkat pada Jumat (7/9/2012) mendatang. Pada Senin kemarin, siswa asal Desa Mojorejo, Kecamatan Modo itu berpamitan ke Bupati Lamongan, Fadeli, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Agus Suyanto.

Meskipun dari keluarga pas-pasan, remaja kelahiran 1 September 1994 itu termasuk siswa berprestasi di sekolah, dan fasih berbahasa Inggris. Ayahnya, Akhwan, adalah seorang petani, dan ibunya bekerja sebagai penjual makanan di pasar desa.

Kelak, Novi ingin kuliah di juruan Peternakan Universitas Brawijaya Malang. “Saya ingin belajar ilmu peternakan modern di Thailand yang bisa diterapkan di Lamongan,” katanya.

Bupati Lamongan, Fadeli, meminta Dinas Pendidikan Lamongan memfasilitasi agar Novi memperoleh beasiswa kuliah di perguruan tinggi. Dia berpesan agar Novi selama di Thailand bisa menunjukkan memang layak menjadi duta Lamongan dan Indonesia.

“Serap ilmu sebanyak-banyaknya sehingga bermanfaat untuk kemajuan peternakan di Lamongan,” tuturnya.

Populasi ternak unggas di Lamongan sebagian besar berada di Lamongan selatan seperti Kecamatan Mantup, Modo, Sambeng, dan Ngimbang.

Sebagian lagi di di wilyah utara seperti Brondong dan Paciran. Total populasi ternak ayam pedaging mencapai 2.334.560 ekor, ayam buras 1.200.952 ekor, dan ayam petelor sebanyak 137.589 ekor. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim