Tahun Ajaran Baru, Ribuan Santriwati Padati Gontor

ilustrasi: gontor.ac.id

Ribuan santriwati dan keluarga mereka dari pelbagai kota dan daerah di Indonesia memadati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada tahun ajaran baru 10 Syawal 1433 Hijriah.

Pemantauan Kompas, sejak pagi hingga menjelang sore hari tampak ribuan santriwati dengan didampingi keluarganya memadati areal pondok modern itu.

Setiap orangtua santriwati mendampingi putrinya mendaftar ulang. Setiap barang bawaan pun diperiksa satu demi satu oleh petugas dari santriwati kelas enam, khususnya pakaian santriwati.

Setiap baju yang dipakai santriwati tidak boleh ketat. Jika sampai kedapatan baju yang dibawa santriwati tidak memenuhi syarat yang ditentukan, petugas menyitanya.

“Ukuran baju harus panjang hingga menutupi pantat. Kalau tidak, bisa-bisa baju yang dibawa dari rumah disita petugas,” ujar salah seorang santriwati.

Areal lapangan parkir pondok yang biasanya sepi pada hari-hari biasa berubah menjadi ramai. Areal itu padat dengan kendaraan pribadi keluarga santriwati.

Malahan, wisma atau penginapan untuk keluarga santriwati pun tidak menyisakan kamar kosong karena dipenuhi keluarga santriwati yang menginap. Pada hari-hari biasa, banyak kamar yang kosong. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim