5.000 Orang Padati Tanjung Perak

ilustrasi: bumn.go.id

Gelombang pemudik masih terus memadati berbagai moda transportasi, baik darat, udara dan laut. Bahkan, hari ini diperkirakan akan menjadi pucak arus balik untuk transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Diprediksikan, lebih dari 5.000 penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan ke berbagai daerah luar Jawa, khususnya ke Kalimantan dan Sulawesi, bakal memadati terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Edi Priyanto menegaskan, perkiraan pada hari ini memang akan terjadi lonjakan penumpang. Hal ini dengan melihat banyaknya jumlah kapal yang akan berangkat dari Tanjung Perak serta habisnya musim libur Lebaran.

“Senin besok kan sudah mulai masuk kerja dan sekolah, jadi banyak yang memilih balik pada hari ini. Kami perkirakan pada hari ini akan menjadi puncak arus balik dan akan terjadi lonjakan yang cukup besar,” ujar Edi Priyanto ketika dikonfirmasi kabarbisnis.com di Surabaya.

Menurut Edi, berdasarkan jadwal keberangkatan kapal, akan ada lima kapal yang melalui Tanjung Perak. Pertama kapal Binaiya asal Batulicin tujuan Sampit, kapal Lembelu asal Tanjung Priok tujuan Makassar, kapal Labobar asal Tanjung Priok tujuan Makassar, kapal Leuser asal Sampit tujuan Kumai, dan terakhir kapal Kirana II asal Kumai tujuan Balikpapan.

Sementara data sementara jumlah penumpang lebaran 2012 hingga H+6 mencapai 85.150 penumpang. Dengan perincian, penumpang turun mencapai 69.223 orang dan penumpang turun mencapai 15.927 orang. Penumpang terbesar masih berasal dari Kalimantan dan Makassar.

“Kami prediksi arus balik akan terus berlangsung hingga akhir Agustus sampai awal September. Karena bagi pekerja informal, banyak yang menggunakan masa liburan mereka cukup lama di kampung halamannya. Dan mereka tidak terikat waktu,” ujarnya. kabar bisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim