Jatim Siapkan 360 Bus Gratis

ilustrasi: liputan6.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan 360 unit bus untuk para pemudik dengan layanan gratis. Bus tersebut akan berangkat pada 15 hingga 17 Agustus 2012 mendatang ke berbagai tujuan kota di Pulau Jawa.

Langkah tersebut disambut baik oleh warga Jawa Timur, para calon pemudik telah memadati Kantor Dinas LLAJ Jawa Timur di Kawasan Ahmad Yani Surabaya, Jatim.

Para calon mudik gratisdiprediksi mencapai ribuan orang. Untuk mendapatkan tiket gratis, mereka diharuskan mengisi formulir sebagai data daerah tujuannya. Proses itu untuk memudahkan petugas mendata para calon pemudik, sehingga tidak terjadi kesalahan bus yang akan ditumpanginya nanti.

Selain dengan bus, Pemprov Jatim juga menyiapkan kereta api gratis untuk 12.000 penumpang mulai 13 hingga 15 Agustus 2012. Layanan mudik gratis juga dilakukan untuk tiga kapal laut Surabaya ke Kepulauan Masalembu, Tanjung Wangi ke Pulau Sapeken, dan Kalianget ke Pulau Kangean, yang semuanya masih berada di wilayah Jawa Timur.

Layanan itu bisa menampung 1.800 penumpang. Diperkirakan total mudik gratis tahun ini mencapai 34.000 penumpang. Layanan ini juga untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Sementara di Semarang, Jawa Tengah, ratusan pemudik yang menggunakan armada kapal mulai berdatangan di Pelabuhan Tanjung Mas. Meski Hari Raya kurang tiga pekan, para pemudik dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat telah tiba karena mengikuti jadwal reguler kapal penyeberangan.

Ada pula yang sengaja mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan arus mudik, serta kemacetan di jalan raya. liputan6.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 9700. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim