Hutan Gunung Lawu Terbakar

ilustrasi: belantaraindonesia.org

Hutan di puncak Gunung Lawu yang masuk ke wilayah Jawa Timur terbakar. Hingga Rabu (25/7) api belum berhasil dipadamkan. Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menyatakan untuk sementara pendakian ke gunung tersebut ditutup.

Menurut Kepala Harian Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Aji Pratama Heru Kristianto meski kebakaran terjadi di wilayah Jawa Timur, namun arah api merambat ke wilayah Jawa Tengah.

“Perkiraannya, area yang terbakar sudah mencapai 15 hektare. Semuanya masih di wilayah Magetan Jawa Timur tetapi sangat dekat dengan hutan pinus di Bulak Peperangan yang merupakan jalur pendakian dari arah Candi Cetho. Untuk sementara pendakian ke Gunung Lawu ditutup,” katanya.

Heru mengatakan, BPPD telah berkoor­dinasi dengan Perum Perhutani Surakarta dan Magetan, dengan menyiapkan tidak kurang dari 50 relawan untuk mengeliminasi agar kebakaran tidak meluas. Anggota Karanganyar Rescue, Maryono, mengatakan kebakaran berawal di kawasan Nglerak Petak I Jawa Timur pada hari Sabtu (21/7) malam.

“Sampai saat ini titik api masih terlihat di kawasan Nglerak,” ujarnya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim