Lebaran, Penyeberangan Ujung-Kamal Buka 24 Jam

ilustrasi: lensaindonesia.com

Penyeberangan Ujung-Kamal Surabaya sejak H-7 hingga H+7 lebaran nanti akan beroperasi selama 24 jam. Sebanyak enam unit armada kapal penyeberangan akan disiapkan untuk melayani pemudik dari Surabaya ke Pulau Madura.

Manajer Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP), Wildan Jazuli mengatakan, penambahan jam penyeberangan itu untuk meningkatkan pelayanan penumpang saat angkutan lebaran. “Jika tahun lalu, jam operasi mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB, lebaran kali menjadi 24 jam,” katanya, Rabu (25/7/2012).

Hanya saja sejak pukul 21.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB, hanya dua armada yang dioperasikan, empat armada lainnya diistirahatkan. “Kapal penyeberangan wajib diberangkatkan meskipun hanya berisi satu orang penumpang. Ini agar kapal penyeberangan dapat bersaing dengan jembatan tol Suramadu,” tegasnya.

Selanjutnya, Wildan memastikan tidak akan ada kenaikan harga tiket saat angkutan lebaran. Untuk harga tiket satu orang penumpang Rp 3.700, penumpang roda dua Rp 5.800, mobil pribadi dikenakan Rp 35.000, sementara untuk rombongan atau bus, dikenakan Rp 50.000.

Puncak arus penumpang penyeberangan Ujung-Kamal diprediksi terjadi pada H-2 lebaran. “Saat itu penumpang diprediksi mencapai 15 ribu, naik dari tahun lalu yang hanya mencapai 13 ribu penumpang,” tambahnya.

Dibangunnya jembatan tol Suramadu berdampak signifikan pada arus penyeberangan yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura ini. Jika dulu saat angkutan lebaran armada kapal yang dioperasikan dapat mencapai 18 armada, kini hanya cukup dilayani 6 armada. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim