Kekeringan Ancam 159 Desa di Bangkalan

ilustrasi

Selama beberapa bulan ke depan, kekeringan mengancam beberapa desa di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Badan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Kabupaten Bangkalan, 159 desa yang ada di 18 kecamatan, terancam mengalami kekeringan.

Muhammad Hidayat, Kepala BPPBD Bangkalan, menjelaskan, letak geografis yang ada di dataran tinggi berpotensi mengalami kekeringan lebih awal. Yang paling menghawatirkan yakni 13 desa yang ada di Kecamatan Kokop. “Pemetaan awal potensi kekeringan akan terjadi melanda 172 desa di 17 Kecamatan. Namun berdasarkan laporan dari seluruh camat, menurun menjadi 159 desa,” katanya di Bangkalan, Selasa (10/7/2012).

Desa yang terancam kekeringan, terang Hidayat, sudah diajukan ke BPPBD Provinsi Jawa Timur dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk mendapat bantuan penanggulangan. Sebab, di BPPBD Kabupaten Bangkalan, tidak ada dana khusus untuk penanggulangan bencana.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Maritim Tanjung Perak, Surabaya, memperkirakan kekeringan akan terjadi awal Agustus hingga November mendatang, serta puncaknya pada Desember awal.

“Upaya yang akan kami lakukan, yakni melakukan droping air ke sejumlah titik yang sangat rawan membutuhkan air. Upaya itu sudah kami koordinasikan dengan Dinas Sosial dan PDAM Bangkalan,” imbuhnya.

Dinsos dan PDAM Bangkalan sudah menyiapkan empat armada tanki air yang siap mendistribusikan air bersih secara bergantian ke lokasi kekeringan. Kegiatan ini sudah biasa dilakukan setiap tahun dikala terjadi kekeringan.

Berikut data kecamatan dan desa yang akan mengalami kekeringan di Kabupaten Bangkalan. Kecamatan Socah sebanyak 2 desa, Kecamatan Kamal sebanyak 5 desa, Kecamatan Labang sebanyak 7 desa, Kecamatan Kwanyar sebanyak 7 desa, Kecamatan Modung sebanyak 3 desa, Kecamatan Blega sebanyak 2 desa, Kecamatan Galis sebanyak 17 desa, Kecamatan Tanah Merah sebanyak 7 desa, Kecamatan Bunerh sebanyak 6 desa, Kecamatan Tragah sebanyak 10 desa, Kecamatan Arosbaya sebanyak 14 desa, dan kecamatan Klampis 13 sebanyak desa. Ditambah lagi dengan Kecamatan Sepuluh 6 desa, Kecamatan Geger 12 desa, Kecamatan Kokop 13 desa, Kecamatan Tanjung Bumi 7 desa dan kecamatan Konang sebanyak 11 desa. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim