Lamongan Gelontorkan 23.000 Bibit Srikaya Jumbo

ilustrasi: kompas.com

Sebanyak 23.000 bibit srikaya jumbo bantuan dari Kementerian Pertanian untuk Lamongan, Jawa Timur, digelontorkan di Kecamatan Mantup, Ngimbang, dan Modo. Buah srikaya jumbo diharapkan akan menjadi salah satu ikon Lamongan dalam pengembangan hortikultura.

Kepala Seksi Sarana Produksi dan Permodalan Dinas Pertanian Lamongan Ernawan Kartika Adi, menyebutkan, jika petani hortikultura di Lamongan mampu mengembangkan buah tersebut, pemerintah pusat berjanji akan menambah bantuannya.

Srikaya jumbo adalah benih dari Australia melalui persilangan sehingga buahnya menjadi besar.

Tanaman srikaya berasal dari daerah tropis di kawasan Amerika, Karibia, Jamaika, India, dan Pakistan. Tanaman itu bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 100-300 meter di atas permukaan laut.

“Meskipun tahan terhadap kekeringan, pertumbuhannya tetap membutuhkan kelembaban yang cukup di sekitar akaranya,” tutur Ernawan.

Ia menjelaskan, srikaya yang masuk dalam keluarga Annona dapat dipanen mulai usia 1,5 tahun dan berbuah sepanjang tahun. Selain srikaya jawa, di Indonesia, yang termasuk keluarga Annona adalah sirsak (Annona muricata).

Kepala Dinas Pertanian Lamongan Aris Setiadi menuturkan, selama ini pihaknya membuat percontohan untuk produksi srikaya jumbo. Ia berharap budidaya srikaya bisa diadopsi para petani perkebunan di Lamongan.

Untuk meningkatkan produksi buah, akan dilihat potensi di setiap kecamatan. Selama ini, srikaya sudah dikembangkan di wilayah Sambeng, tetapi bukan dari bibit srikaya jumbo.

Anggota DPR asal Lamongan, Viva Yoga Mauladi, berharap srikaya jumbo menjadi produk unggulan yang identik dengan Lamongan, seperti halnya Probolinggo yang identik dengan mangga atau Pontianak dengan jeruk sambas. Meskipun srikaya bukan produk asli Lamongan, Lamongan dipercaya melakukan langkah-langkah dalam pembudidayaan.

Bantuan bibit srikaya diberikan melalui Direktorat Budidaya dan Pascapanen Buah Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Pengembangan srikaya itu dalam jangka panjang ditargetkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan di Lamongan. kompas.com

2 Komentar Pembaca

  1. usaha pemda lamongan sangat bagus, alangkah bagusnya lagi kalau setiap desa diberi bibit srikaya jumbo secara gratis dan setiap warga lamongan bisa menanam semua, dan bisa menambah penghasilan sehingga tercipta tujuan kesejahteraan yang sejati

  2. Yth.Gapoktan Srikaya Jumbo,
    kami menerima buah Srikaya Jumbo, Buah Naga dan Kacang Edamame kuakitas super untuk export.
    contact kami yg berminat menjadi supplier.
    hp. 085323675088
    email: gaswara71@gmail,com
    pin BB: 552b8a1f

    Salaam,

    Berry Gaswara

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim