Dihantam Badai Krisis Ekonomi, Eropa Lirik Jatim

ilustrasi: ekoprasojo.com

Negara di kawasan Eropa sampai saat ini masih dihantam ‘badai’ krisis ekonomi. Untuk survive dan bisa bangkit dari keterperukan, mereka pun melirik negara di Asia Timur termasuk Indonesia. Bahkan, Finlandia salah satu negara di benua biru itu, menjalin kerjasama dengan Pemprov Jatim.

“Beliau ingin membangun hubugan yang lebih baik dengan Jawa Timur. Karena beliau sudah mendengar salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai prospek lebih baik dan tinggi,” ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jawa Timur, Hadi Prasetyo kepada wartawan usai menerima kunjungan Duta Besar Finlandia Mr Kai Sauer, di gedung negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo.

Saat ini, negara di Eropa sedang hancur, sedang turun, lambat pertumbuhan perekonomiannya. Hanya ada 4 negara yang bisa survive tingkat ekonominya seperti Finlandia, Jerman, Belanda, Skotlandia.

Hadi menyampaikan, dalam pertemuannya dengan Dubes Finlandia, bahwa negara-negara di Eropa sedang berfikir untuk menggalakkan mereka untuk berhubungan dengan Asia Timur termasuk Asia Tenggara.

“Mereka melihat potensi dan manfaat dari kerjasama yang terjalin itu besar,” tuturnya.

Rencananya, Finlandia akan mengembangkan usahanya di Jawa Timur di 4 bidang terkait, industri kehutanan dan mengembangkan kertas (paper). Berjuang untuk meningkatkan ekspor mereka di bidang alat-alat berat seperti crane, kontainer dan akan bekerjasama dengan pelabuhan. Energi serta limbah kehutanan dan limbah pertanian.

Mantan Kepala Bappeda Jatim ini mengatakan, apa bagusnya tawaran seperti ini untuk Indonesia dan Jawa Timur. Alasannya, Finlandia juga negara yang sudah maju di bidang teknologi dan sebagainya seperti produk handphone Nokia made in Finlandia.

“Menurut hemat kami, SDM mereka, investasi mereka, kemampuan mereka, kalau kakinya sebagian di Jatim, bersama dengan pengusaha Jatim, kita akan merebut pasar-pasar yang lebih besar,” tuturnya.

Ia berharap, dengan makin banyaknya kerjasama ekonomi dengan beberapa negara lain juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Jatim.

“Kita kalau bisa begitu, tidak perlu relokasi industri. Kita bisa kerjasama di bidang investasi dengan siapa pun, tak hanya dengan Finlandia, dengan negara lain juga bisa. Dan saya kira Jatim cepat makmur,” jelasnya. detik.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim