Jumat, 1 Agustus 2014

UKM Jatim Tumbuh 4,2 Juta

ilustrasi

Gubernur Jatim, Soekarwo optimistis geliat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur kian bergairah. Hal ini terlihat dari pertumbuhan UKM Jatim yang saat ini mencapai 4,2 juta usaha, naik dari akhir tahun lalu yang hanya 3,9 juta usaha.

“Jawa Timur kian mengukuhkan posisinya sebagai barometer perekonomian nasional,bila dilihat posisi Jatim saat ini menargetkan mampu menjadi kontributor perekonomian nasional sehingga diharapkan pada tahun 2014, ekonomi Jatim menjadi besar dan mampu mengungguli DKI Jakarta,”terangnya saat peresmian gedung Kadin Institute.

Dengan peningkatan enterpreuneurship, diharapkan investasi semakin menguncur deras ke provinsi ini.

Sementara itu Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia(KADIN) wilayah Jawa Timur, La Nyalla M Mattalitti ditemui dalam acara yang sama mengatakan bahwa peranan sektor UKM di Jatim sangat signifikan. Dengan jumlah unit usaha mencapai 4,2 juta, UKM menyumbang sekitar 52 persen terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim.

“Tentu hal ini sangat menggembirakan dengan pertumbuhan ekonomi yang mencapai 7,19 persen per triwulan I/2012, lanjut La Nyalla, Jatim kian mengukuhkan posisinya sebagai barometer perekonomian nasional. Tentu ini harus dikawal dengan semakin meningkatkan daya saing para pelaku usaha,”terangnya.

Ditambahkannya Indonesia merupakan pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduk yang mencapai 237 juta jiwa, sehingga wajib dioptimalkan keberadaannya oleh kalangan UKM. Untuk Kadin sendiri saat ini selain gencar menarik minat para investor asing untuk mau menanamkan modalnya ke Jawa Timur tapi juga selalu memanage para pelaku usaha yang ada di Jawa Timur untuk dapat berkembang lagi.

Dengan peningkatan jiwa entrepreneurship kepada para pelaku usaha, diharapkan investasi akan semakin menguncur deras ke Provinsi Jawa Timur.

“Karena itu, Kadin menargetkan dapat melatih 3.000 wirausahawan baru dalam kurun waktu lima tahun, baik yang akan maupun yang sedang melakukan usaha. Kadin juga menargetkan bisa melatih 1.000 pelaku usaha yang bisa kami tingkatkan grade-nya dalam kurun waktu lima tahun,”terangnya. surabaya post online

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim