Pengangguran Meroket, Gelar Bursa Kerja

ilustrasi

Angka pengangguran terbuka di Jawa Timur masih terbilang cukup tinggi. Hingga Februari 2012 lalu, menurut hasil survei Badan Pusat Statistik, terdapat 800 ribu lebih pencari kerja masih belum terserap di dunia kerja.

Untuk mengurangi tingkat pengangguran itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim bakal menggelar program bursa kerja pada 19-20 Juni mendatang, di Maspion Square, Surabaya.

Langkah ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2009-2014 Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dalam RPJMD 2009-2014 disebutkan, kebijakan pengurangan pengangguran yang masih tinggi itu menjadi prioritas pembangunan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim Hari Soegiri mengatakan, program bursa kerja ini bertujuan untuk memfasilitasi para pencari kerja. Sehingga, masih kata Hari, tahun 2012 nanti, tingkat pengangguran terbuka di Jatim dapat mengalami penurunan hingga 3,5 persen.

Program ini diharapkan jumlah serapan tenaga kerja yang masih rendah dapat segera dikurangi. “Dengan program ini, diharapkan para pencari kerja itu hampir semua bisa terserap di pasar kerja,” terang Hari kepada Jaringnews.com.

Ditambahkan Hari, tingginya angka pencari kerja itu karena banyak faktor. Diantaranya, pertambahan penduduk usia muda, adanya pemutusan hubungan kerja, dan lain sebagainya. jaringnews.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim