Simpanan Rakyat Jatim Capai Rp252 Triliun

ilustrasi

Perbankan di Jawa Timur mencatat pertumbuhan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Triwulan I/2012 mencapai 17,62% dibanding periode yang sama tahun lalu. Bank Indonesia (BI) Surabaya mencatat, selama periode 3 bulan pertama 2012, penghimpunan DPK mencapai Rp252,81 triliun, bertumbuh dari triwulan I/2011 yang tercatat Rp220,59 triliun.

“Secara tahunan, pertumbuhan DPK terus menunjukkan tren peningkatan, sedangkan secara triwulanan, pertumbuhan DPK berfluktuasi dengan siklus yang cenderung melambat setiap awal triwulan,” kata Pemimpin BI Surabaya, Mohamad Ishak, Rabu (16/5/2012).

Dibanding triwulan sebelumnya, penghimpunan DPK ini tumbuh 1,78%.

Ishak menambahkan, dengan mempertimbangkan siklus musiman tersebut, diprediksi sepanjang tahun 2012 pertumbuhan DPK masih akan tetap meningkat sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Dalam data BI Surabaya juga terlihat, struktur DPK Bank Umum di Jatim pada Triwulan I/2012 masih didominasi oleh tabungan dengan porsi 43,49%, disusul kemudian deposito dengan porsi 39,56% dan giro dengan porsi 16,95%. Dibanding periode yang sama tahun lalu, komposisi ini tidak banyak berubah.

Khusus untuk dana mahal atau deposito, penetapan suku bunganya mengalami tren yang menurun dan mencapai titik terendahnya pada Triwulan I/2012 yaitu sebesar 5,63%. “Hal ini sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh Bank Indonesia yaitu meningkatkan efisiensi perbankan sehingga dapat memberikan suku bunga kredit yang kompetitif dan meningkatkan fungsi intermediasi perbankan,” kata Ishak.kabarbisnis.com

Komentar Pembaca

  1. Nomor : 11/dpp-kobuki/iv/2012 Jakarta,27 Mei 2012
    Sifat : Biasa
    Lampiran : Berkas
    Perihal : Permohonan Audience

    Kepada Yth,
    Bapak ASNAWI SYAM
    DIRUT
    PT.BRI PUSAT
    Di
    Jakarta

    Dengan hormat,

    Sehubungan dengan surat permohonan yang disampaikan oleh Moh Jahri dan Moh Sholeh selaku Wakil Ketua IV dari DPP KOBUKI (Kontak Budaya Komunikasi Indonesia) yang disampaikan kepada Bapak tertanggal 28 Mei 2012 berkaitan dengan permohonan keringanan proses pembayaran angsuran kredit pada Cabang BRI di Bangkalan .

    Bersama ini perkenankan kami pengurus DPP KOBUKI (Kontak Budaya Komunikasi Indonesia) mohon kiranya kesediaan waktu Bapak untuk memberikan kesempatan kepada Moh Sholeh mengutarakan maksudnya,beserta kami , sehingga apa yang menjadi permasalahan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

    Demikian surat ini disampaikan untuk menjadikan maklum, atas perhatian dan bantuan kerjasamanya dihaturkan terima kasih.

    DEWAN PIMPINAN PUSAT
    KONTAK BUDAYA KOMUNIKASI INDONESIA
    (DPP KOBUKI)

    Hormat kami,

    Budi Prayogo,SRhs Mohammad sholeh
    Sekretaris Jenderal Wakil Ketua IV DPP KOBUKI

    Tembusan:
    Ketua Umum DPP KOBUKI (Gus Har)
    Arsip

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim