Hebat, Pelajar Malang Sulap Urin Jadi BBM Alternatif

ilustrasi: rri.co.id

Dua pelajar Indonesia menciptakan sumber energi alternatif dari urin manusia. Ciptaan kedua pelajar itu menarik minat juri ajang internasional ‘Young Inverter Project Olimpiade’ di Georgia. Kedua putra bangsa itu pun langsung menyabet medali emas.

Mereka adalah Nando Novia dan Nurul Inayah, dua pelajar Kelas 11 SMAN 10 Malang, Jawa Timur. Prestasi mereka mampu mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Pada April 2012, keduanya menyisihkan 101 peserta dari 40 negara.

Karya ilmiah Nando dan Nurul memperkenalkan urin manusia sebagai sumber bahan bakar alternatif pengganti minyak. Keduanya menggunakan teknologi photo electro system.

Mereka menggunakan elektroliser, panel surya, fuel sell, baterai, dan elektrolit control unit. Mereka menggunakan alat-alat itu menyulap urin menjadi bahan bakar penggerak mobil listrik. Selama ini, mobil listrik selalu menggunakan energi sinar matahari.

Cara kerjanya yaitu panel surya menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Lalu, sinar disimpan dalam baterai. Sekitar 25 persen energi baterai digunakan sebagai sumber tenaga dalam proses elektrolisa urin manusia, yaitu dengan memisahkan hidrogen dan nutrigen. Lalu, gas hidrogen disimpan dalam fuel sell dan mengalirkan energi listrik kembali ke baterai.

Pemanfaatan energi baru itu masih membutuhkan penyempurnaan teknis. Namun temuan itu patut diacungkan jempol di tengah-tengah isu pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak.metronews.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim