Produksi Padi di Lamongan 2012 Ditargetkan 899.971 Ton GKG

ilustrasi: kompas.com

Target produksi padi Lamongan, Jawa Timur tahun 2012 ditetapkan bisa mencapai sebesar 899.871 ton gabah kering giling (GKG).

Tahun ini, produksi padi sampai dengan April diperkirakan 475.422 ton GKG, dengan produktivitas mencapai 6,5 ton per hektar.

Pada tahun 2011, produksi padai kabupaten itu mencapai 678.042 ton GKG, dengan produktivitas 5,309 ton per hektar.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan, Aries Setiadi, dalam sosialisasi Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K), menyatakan, Lamongan menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

“Kami berupaya memacu produksi padi, guna mendukung pengamanan produksi beras nasional dalam menghadapi kondisi iklim yang ekstrem,” katanya.

Pemkab Lamongan telah menggelontorkan dana dari APBD sebesar Rp 3,5 miliar, berupa pinjaman dana bergulir kepada 39 kelompok lumbung pangan yang tersebar di 16 kecamatan untuk dana ketahanan pangan. Dana itu untuk pembelian gabah petani dan penyediaan sarana produksi padi bagi petani. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim