Kadin Jatim-ITS Kembangkan Teknologi Industri Kreatif

ilustrasi: finance.detik.com

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) terus melakukan upaya peningkatan kinerja seluruh sektor industri di Jatim, termasuk industri kreatif.

Guna membantu industri tersebut mengembangkan sayap bisnisnya dengan teknologi berstandar nasional, Kadin bersama Institute Teknologi Sepuluh Nopember telah menggelar diskusi terkait peningkatan bisnis dengan teknologi tepat guna dalam forum Eksibisi dan Forum Bisnis ITS bertajuk Solusi Memasarkan Produk Pebisnis di Jawa Timur.

Komite Tetap Jaringan Usaha Kadin Jatim, Sutiyoso Agus mengatakan, saat ini ada banyak pengusaha kecil dan menengah yang masih belum tersentuh teknologi tepat guna. Dalam proses produksinya, mereka cenderung menggunakan teknologi tradisional segingga kinerja kurang maksimal.

“Lebih ada 10.000 UMKM yang ada di Surabaya yang masih mengerjakan produksinya secara tradisional dan belum memiliki standart. Untuk itulah diskusi ini kita buat. Dengan menggandeng perguruan tinggi, mereka bisa menyumbangkan teknologi dan penelitian, sementara birokrat sebagai regulatornya,” kata Agus.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama ini ketiga elemen tersebut berdiri sendiri dan berjalan tanpa sinergi, sehingga pencapaian juga tidak maksimal. Dengan adanya kerjasama, maka diharapkan mampu mendorong peningkatan di seluruh aspek. Untuk industri kreatif mampu mengembangkan bisnisnya dengan teknologi tepat guna, sementara ITS bisa mengembangkan keilmuam mereka sesuai dengan pasar yang ada.

“Pastinya, yang lebih diuntungkan adalah UMKM karena selama ini mereka memang kebanyakan masih buta dengan teknologi,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kerja Sama dan Promosi Iptek ITS, RO Saut Gurning menjelaskan, selain untuk meningkatkan inovasi teknologi, forum tersebut berguna untuk mencari solusi yang tepat dalam menyelesaikan persoalan yang selama ini masih membelit UMKM.

“Dan ini juga akan menjadi penghubung antara ITS sebagai lembaga penelitian dan pendidikan tinggi dengan pihak swasta atau industri melalui Kadin Jatim,” tegasnya. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim