Aklinas Targetkan 132.000 Rumah Teraliri Listrik

ilustrasi: kabarbisnis.com

Asosiasi Kontraktor Listrik Nasional (Aklinas) Jawa Timur terus berupaya melakukan penyambungan jaringan listrik di seluruh pelosok Jatim. Hingga akhir 2012, Aklinas Jatim menargetkan sedikitnya ada sekitar 132.000 rumah yang akan teraliri listrik.

“Sampai saat ini di seluruh Jatim ada sekitar 220.000 rumah yang belum teraliri listrik. Untuk itu, kami menargetkan bisa menyambungkan sekitar 60% dari jumlah tersebut di tahun ini,” ujar Ketua Aklinas Jatim, Arda Netaji, di Surabaya, Selasa (8/5/2012).

Menurutnya, masih banyaknya jumlah rumah yang belum teraliri listrik karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya berorientasi menjual energi listrik. PLN tidak pernah berpikir bagaimana memenuhi kebutuhan listrik di seluruh pelosok Indonesia, khususnya Jatim, dengan mengembangkan energi alternatif dan dengan membangun jaringan baru.

“PLN sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi listrik hanya berorientasi menjual, tidak pernah berpikir bagaimana memenuhi,” ujarnya.

Untuk itu, saat ini Aklinas berupaya menggandeng berbagai pihak, mulai dari yayasan swasta hingga perusahaan skala besar untuk menyalurkan dana program tanggung jawab sosial (CSR) guna menyambungkan jaringan listrik, khususnya untuk rumah prasejahtera di wilayah Jatim.

“Hingga April 2012, tercatat sudah ada sekitar 23.200 rumah prasejahtera yang sudah kami upayakan penyambunagn jaringan listriknya. Di Madiun sebanyak 7.500 rumah dan di Madura, tepatnya di kepulauan Kangean sebanyak 15.000 rumah. Menyusul di 16.000 rumah di Bondowoso dan 11.000 rumah di Blitar,” ungkap Arda. kabarbisnis.com

4 Komentar Pembaca

  1. assalamu’alaikum. pak kami dari desa wates kecamatan lekok kabupaten pasuruan didesa kami PLN masih belum masuk” yang mengelolah kelistrikan dari pihak swasta. kami sangat mahal bila membanyar” mohon bantuannya….

  2. Terima kasih telah memberikan saya kesempatan berkomentar dengan menyertakan tautan. Saya harap dengan membaca tulisan di blog anda, akan menambah wawasan dan pengetahuan untuk saya. Dan dengan menyertakan tautan, dapat memberikan manfaat bagi saya dan anda. Kunjungi jual genset dan jasa pembuatan website. Saya harap, anda bisa menyetujui komentar ini, karena saya menulisnya secara manual dan saya sangat membutuhkannya. Terima kasih banyak :D jual genset

  3. Bagus, harus ada pemerataan jangkauan listrik, kasihan warga yang tinggal di pelosok yang belum mengenal listrik.

    Sukses buat PLN..

  4. Sukses terus untuk PLN, salam dari gizikita.net. :)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim