Pemerintah Jamin tak Naikkan Harga BBM

ilustrasi: kabarbisnis.com

Pemerintah menjamin hingga akhir tahun 2012 ini tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pasalnya, harga minyak mentah dunia saat ini masih berada jauh di bawah harga 120,75 dolar AS per barel.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Bangkalan, akhir pekan lalu. “Saat ini (harga minyak mentah dunia, red) masih jauh di bawah itu, jadi tidak mungkin (naik). Hingga akhir 2012, kita sulit untuk menaikkan harga BBM,hanya konsumsi BBM sekarang ini perlu dikendalikan,” ujar Hatta.

Hatta menjelaskan, pemerintah saat ini tengah mengkaji kebijakan penghematan BBM bersubsidi, salah satunya dengan melakukan pembatasan. Namun rencana tersebut hingga kini belum bisa diputuskan karena masih harus dipikirkan lebih luas dan diteliti dengan baik.

“Beberapa alternatif sedang dipikirkan dan dikerjakan oleh Menteri ESDM.Pada saat yang tepat di bulan Mei nanti akan disampaikan. Intinya harus bisa tersosialisasi dengan baik dan perlu pengendalian, bukan pembatasan,” ungkapnya.

Hatta menambahkan, ke depan yang harus dipikirkan jika BBM tidak naik hingga akhir tahun, APBN tetap sehat dan pertumbuhan bisa maksimal. Bentuk pengendalian agar APBN tetap sehat minimal tidak ada penyelundupan dan penyalahgunaan BBM. Misalnya, perkebunan dan pertambangan besar tidak boleh menggunakan BBM bersubsidi.

“Caranya pemerintah daerah harus ikut mengawasi, yakni dengan membentuk tim pengendali,”jelasnya.

Anggota Komisi VII DPR Satya W Yudha mengatakan, pemerintah harus konsisten melaksanakan pembatasan BBM bersubsidi meski sebenarnya kebijakan tersebut tidak menghasilkan dana penghematan subsidi secara signifikan. Menurutnya, pemerintah juga harus mengambil langkah penting lain dalam pengendalian penggunaan BBM,yakni memerangi praktik penyelundupan ke negara tetangga.

“Pemerintah kali ini harus konsisten, tidak boleh maju mundur lagi dalam menerapkan kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi. Masyarakat jangan lagi dibuat bingung. Konsistensi pemerintah menjadi taruhan kepercayaan seluruh rakyat,” tuturnya. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim