Senin, 1 September 2014

Pembangunan Bandara di Kediri Ditolak, Rp2 Miliar Sia-Sia

ilustrasi: seruu.com

Pemerintah Kabupaten Kediri kecewa karena rencana pembangunan bandara di Kabupaten Kediri ditolak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Ini diketahui setelah rencana itu tidak masuk dalam rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Timur.

Padahal untuk merealisasikan pembangunan bandara tersebut sudah dikeluarkan anggaran Rp2 miliar untuk keperluan study kelayakan dan master plannya.

Dilaporkan Nesti dari Radio Andika Kediri dalam jaring radio Suara Surabaya, Maskuri Wakil Kabupaten Kediri mengatakan, kekecewaan atas gagalnya pendirian bandara di Kabupaten Kediri dikarenakan dana yang dikucurkan untuk mendukung rencana itu terbuang sia-sia. Selain itu, tujuan pendirian bandara ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. suarasurabaya.net

164 Komentar Pembaca

  1. Bandara Kediri lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Apalagi mau dibangun di pemukiman pada penduduk Plemahan-Kunjang. Bupati udah keblinger!!!!!!!!!!!!!!

  2. Kapan majunya negara Indonesia klo cuman debat sana-sini.

  3. Ngapain bangun, jelas tekad pemprov sangat berguna. Kalau bangun bandara di kediri, udah tau kan kediri itu dekat dengan gunung berapi paling bahaya di Indonesia. Gunung Kelud. Apalagi kalau gunung tersebut meletus,, bisa hancur bandaranya.
    Rugi melulu.
    Di madiun aja sudah ada bandara

    • madiun sudah difungsikan untuk AURI, mas.

      • Gunung di pertimbangkan, terlalu sederhana cara berfikirnya….Bandara madiun di tunjukin….. nggak tahu kali` kalau milik AURI

    • yaa klo deket gunung si Malang juga sebelahan sama gunung Kelud.. knp malang bisa punya Bandara komersial juga.. Jalan Malang-Surabaya juga mulus tu..

      • malang itu bandaranya tinggalan belanda..
        malang itu juga Kota Militer, Kota Wisata, Kota Pendidikan dan Kota Industri..
        jadi pembangunan bandara di Malang itu juga penting,,
        malang kan juga kota besar,

    • Setahu saya kenapa di Kediri tidak boleh dibangun bandara, karena area pangkalan udara militer di Magetan harus steril dari penerbangan selain untuk kebutuhan militer untuk wilayah terdekatnya, termasuk di Kediri.

    • madiun mlik AURI y jls g d blhin la wong udrax kediri d buat latihan militer entar lak ada bndra d kdri pas trjd kclkn pswt pieeee…pling para pmrsa cm bs menonton trus sp yg mw d slhin..apa klian mw dslhin jls g mngkin toh mkx pmrnth sdh brfkr matang2. klu maksa… bngun dah bndra d kediri buktikan sdh…entar TNI AU akn mmnggl tuh pjbt2 yg sdh ngtot bngun bndr.

  4. Ngapain bangun, jelas penolakan pemprov jatim sangat berguna. Kalau bangun bandara di kediri, udah tau kan kediri itu dekat dengan salah satu gunung berapi paling bahaya di Indonesia. Gunung Kelud. Apalagi kalau gunung tersebut meletus,, bisa hancur bandaranya.
    Rugi melulu.
    Di madiun aja sudah ada bandara

    • di jogja jg ada gunung merapi malah bandaranya kelas internasional…. padang daerah rawan tsunami jg punya airport, kapan majunya…dan kalau dibilang ga strategis, jg bukan alasan yg tepat, karena suatu kawasan bisa bernilai strategis jika ada perencanaan dan pembangunan kawasan yg tepat, jd kalau dibilang nantinya bandara kediri hanya fokus melayani TKI itu jg ga tepat, liat tu Jabar saja udah ada masterplan airport di majalengka, dan Jateng berencana mengembangakan Purbalingga airport..@bejo: komentar Ga MUTU, sekolah aja lah dulu!!!!

    • Gunung jangan di jadikan alasan Ommmm, canggih dikit apa berfikirnya……

  5. ya iyalah, kediri di tolak pembangunan bandaranya, karena daerahnya gga strategis sih, lagian aspek sosial masyarakatnya ggak memenuhi syarat, apa hanya melayani TKI aja ? pemkab harusnya intropeksi dulu

    • ah masnya saja nih yg ga tau Kediri, jangan sok tau lah mas mengatakan Kediri ga strategis. sampean kalau mau ke selatan (Tulungagung, Blitar, Trenggalek) harus lewat Kediri. bahkan ke Malang yg dari arah barat jg harus lewat Kediri.

      asal tau aja ya mas, Kediri itu jujukan bagi kota2 sekitar misalnya Nganjuk, Jombang, Tulungagung, Blitar, sampai Trenggalek.

      aspek sosial masyarakat dalam segi apa sih yg mas nilai ini? ko rasanya mas ini sok tau lagi soal masyarakat Kediri. ati ati lho mas kalau ngomong tanpa riset.

      kalau mas ngomongin kemampuan ekonomi, jangan salah! kalau mas ngomongin kemampuan yg lain juga jangan salah :) orang-orang hebat negeri ini banyak yg asli Kediri, mas. sampean menyepelekan Kediri kalau menilai aspek sosial masyarakat Kediri itu dihubungkan sama TKI saja. sampean iki ko sok tau lan keminter soal Kediri, emange sampean iki sopo? ngerti tenan ta soal masyarakat Kediri?

      Saran saya, sampean jangan sok tau dan asal njeplak. Omongan sampean itu justru yang mencerminkan aspek sosial masyarakat yang ga memenuhi syarat, sok tau soal hal yg bukan pengetahuannya!

      • pemkab kediri merencanakan pembangunan Bandara di Kediri cukup berdasar dan jeli kok melihat ekonomi Kediri di masa datang, saat ini saja Kediri Kota terbesar ketiga di Jawa Timur dengan berbagai industri, aspek pariwisata juga berkembang pesat di Kota ini, yang paling cetar adalah KEDIRI WATERPARK yang bakal jadi terbaik se-Jatim, ada perencanaan pembangunan themepark dan juga pemanfaatan wisata alam yang terus dibangun pemkab Kediri, pemkab Kediri ini agresif lo mas dalam hal membangun, CBD Gumul walaupun belum ada perkembangan tapi nantinya saya rasa bakal diminati. 2013 Kediri punya PTN, Universitas Brawijaya Kediri bahkan STAIN Kediri diruislag jadi UIN Kediri, tidak bisa dipungkiri PTN bisa jadi magnet untuk perkembangan suatu kota (lihat malang dan jember yang bisa maju karena adanya PTN), otomatis kegiatan di Kediri bisa lebih maju, bandara itu kebutuhan melihat potensi Kediri masa depan, antisipasi yang bagus. Saat ini kalau mau naik pesawat harus ke Surabaya dengan jarak tempuh 4-4,5 jam dengan kemacetan yang luar biasa, kalau mau ke malang 2,5-3 jam dengan kondisi jalan yang bergunung-gunung dan sempit. Kediri bisa jadi salah satu pilihan yang bagus di masa depan, Pemkab dan Pemkot Kediri sangat respect kok dengan Kediri di masa yang akan datang dengan berbagai potensinya, pemkab dengan Bandara, pemkot dnegan ring road, banyak jembatan dan juga rencana pembangunan tol. Tidak ada yang salah dengan rencana bandara, karena pemkab berpikir KE DEPAN, seiring dengan urbanisasi dan juga pendatang yang membuat Kediri diperhitungkan, BUKAN BERPIKIR KE BELAKANG, ya ndak bakal maju.

        • tapi apakah orang jauh2 dari JKT..
          ke kediri hanya untuk ke Waterpark..
          lebih baik ke malang aje, fasilitasnya tuh lengkap, ada Kota Batu yang wisata Alam,,

          • kota malang saja sudah lengkap dengan pariwisatnya apalagi di sangga dg kota batu

          • betul ituuuuu

      • lanjudd mbak, ,,,!!!!!!!!!!!

    • Nanti yang naik pesawat hanya TKW saja, itupun 2 tahun sekali, selebihnya orang kediri naik angkot

    • waduh…….. pandangan seng luas ta omm… jangan asal ngomong.. coba jalan-jalan dulu di kota kediri kalau belum tau.

  6. pemkab harus bersaing dgn malang yg akan menjadikan bandara internasional setelah surabaya

    • Bersaing tidak….mungkin cara seperti ini bisa meningkatkat taraf hidup masyarakat kediri walaupun tanpa bandara perkembangan ekonomi masyarakat kediri dan sekitarpun sudan cukup baik

  7. Pembngunan jalan ja msih blum maksimal kok mw muluk2 bngun bandara,mbok satu2 dulu yg penting bsa trlaksana dngan baik,jangan trburu2 fkirkan dlu manfat dan resikonya,klo sdah bgni siapa yang rugi rakyat jgkan,dana 2m trbuang sia2 hanxa bwt riset,mending bwt perbaikan jalan kan lbih brmanfat.

  8. lihat tu jepang bandaranya di tepi laut rawan sunami dan gempa, mkanya jangan ngenyek kediri, rupanya yg ngenyek iri dgn kediri, kediri kan kota besar ke tiga di jatim, gablog kowe…..dasar tak pernah makan sekolahan ya kayak gitu otaknya kotor, cucilah pakai sabun ojo pakai klerak, kalo gk duwe sabun nyo tak wei sabun gratis gak usah tuku……

    • tapi apa kediri punya wilayah laut gak kan, mana kedirikan tempatnya hanya dengan luas 63,40 KmĀ² , apa ya memadai dengan jumlah penduduknya yang sekitar 268.507 jiwa kan kasihan rakyatnya

  9. seharusnya malang gak usah ada bandara saja, karna terlalu dekat dgn surabaya, lagi bagus dipindah ke jatim bagian barat saja.

  10. apakah malang yg dah ada bandaranya jalannya udah diperbaiki, saya liat sendiri semua daerah jalannya juga banyak bergelombang dan berlubang, makanya datanlah kediri pasti kowe kowe seng komen iso bedakan ojo asal ngomong, koyok taw kediri wae, komen gablogggg, asah dulu lah biar landep….ndep…ndep….ndep…….

    • Semuanya tergantung dari kebutuhan masyarakat itu sendiri, contoh saya sendiri dari kandangan (kediri paling timur) perjalanan ke bandara surabaya susah di tebak lama perjalananya karena faktor macet dan padatnya kendaraan, padahal terbang ke jakarta +- 70 menit sedangkan perjalanan dari kandangan ke bandara surabaya membutuhkan waktu paling cepat 2 jam bisa lebih lama lagi.

    • bukan masalah jalan untuk pembangunan bandara..
      tapi secara ekonomi, warga malang mampu naik pesawat..
      memang setiap daerah ada kelebihan dan kekurangannya..
      juga termasuk kota besar dan demografisnya juga heterogen..
      pembangunan bandara juga harus disertai fasilitas yang memadai di daerah itu..
      pemprov juga merencanakan malang jadi bandara internasional, juga lagi nggenjot investor2 untuk masuk malang, dan hotel five star juga mulai dibangun..

      ya boleh saja membangun bandara dikediri saya ya gak ngelarang, tapi apa maskapai mau mendaratkan pesawatnya..
      letak kediri-malang-surabaya itu kayak segitiga kalau semua ada bandaranya apa gk tambah bingung ngatur lalu lintas udaranya..
      kakak saya kerja di ATC surabaya

  11. Semua kota ada kekurangan dan kelebihan ya. . Jangan sombong memamerkan kota-kota kalian.
    Kediri, misalnya terkenal dgn Gudang Garam, kekurangannya masyarakat masih tertinggal.
    Madiun, terkenal dgn industri KA terbesar se ASEAN, kekurangannya masih belum mencapai kesejahteraan
    Jember, misalnya terkenal dgn TN Meru Betiri dan Univ Jember, tapi agak jauh dari surabaya.
    .
    Nah dari sisi itu pembangunan bandara jangan di persoalkan, persoalkan gerak gerik pejabat di wilayahmu itu..
    .
    Hikmahnya kalau pembangunan bandara kediri di tolak, sebaiknya menerima saja dari arahan pemerintah pusat. Tak usah memaksa maksa untuk membanggakan kota sendiri.
    Contohnya di Jember mau bangun pelabuhan terbesar, di tolak pemprov tetap menerima. Juga banyuwangi mau membangun jembatan selat bali tapi di tolak pemprov bali. Contoh lainnya yg berkaitan dgn bandara itu adalah madiun, yang mengajukan perubahan lanud iswahyudi dari AURI untuk dapat di gunakan sipil, tapi di tolak DPR. .
    Jadi terimalah apa yang kamu terima untuk menjadikan kamu tetap bersabar begitu juga kota2nya.
    .
    Saya anaknya Bapak Rahmadi S. S.H, M.M, M.Hum , pegawai bappeko lampung asli surabaya.

  12. ah ngada-ngada wae, ra ngandel, klodia….klodia….

    • Kenapa.. ?? Kau tidak terima
      ya sudahlah
      perjuangkan sendiri itu
      aku gak campur, biarpun begitu cuma tuhan yang menentukannya. Titik.

      • @Claudia Martha: Pengetahuan anda memang luas, biarlah orang2 yg tdk terima dgn komentar anda, mereka hanyalah orang2 yg ingin memamerkan dan membangga2kan kotanya sendiri, padahal sebenarnya kota mereka memang blum layak memiliki bandara.

  13. Setiap sisi kelebihan dan kekurangannya masing – masing, dilihat dari sisi sejarah kediri adalah kerajaan tertua di pulau jawa, dari sisi sumberdaya alam kediri juga sangat kaya, dari sisi sumberdaya manusia banyak orang kediri yang jadi orang penting, Ir Soekarno bapaknya masih keturunan Kediri juga. masih banyak yang perlu di bangun di kediri, infrastruktur, layanan publik dari pemerintah daerah, kecepatan dan ketepatan informasi, pembarantasan pungli dll, perlu disiapkan semua untuk menarik investasi dari luar perlu dimatangkan, aku yakin kediri cukup mampu melakukan hal itu semua, karena sumberdana dan sumberdaya sudah siap. kondisi sosial kemasyarakatan kabupaten kediri cukup matang dan dewasa. Pemilik gudang garam pernah berucap mampu membuat kediri seperti hongkong ini salah satu potensi yang di miliki kabupaten kediri, dan masih banyak lagi.
    Selamat berjuang demi kemajuan kabupaten kediri.

    • Kerajaan Kediri bukan yang tertua di pualu Jawa, tahu ???!!! Masih ada Salakanagara, Tarumanegara di Jawa Barat, Mataram Hindu, dan di Jawa timur Kerajaan Kanjuruhan jauh lebih tua daripada Kediri.

  14. sesama orang indonesia kok pada ribut !!
    malah ada yang menghina suatu daerah lagi !!
    kalau penjajah dateng,kalian akan di adu domba, abis itu di jajah semua, gak ada yang untung to??

  15. Saya mengkhawatirkan pembangunan bandara itu bisa di korupsi. Apalagi setelah terungkap korupsi jembatan brawijaya yang menyangkut walikotanya. Saya tahu apa yg di lakukan walikota utk rakyat pertama kalinya adalah buat kebanggaan kota dgn membangun mewah2 agar warga senang dan bangga, tetapi secara perlahan lahan pembangunan2 tsb mulai terkuak korupsinya karena para warga terlanjur senang2. Apalagi kesejahteraan masyarakat belum tercapaikan juga. Pendidikan masih terbengkalai. Saya dulu pernah ke kota kediri, saya jumpai banyak anak jalanan, banyak pemukiman kumuh, banyak buruh2 yg lelah bekerja. Lalu dengan pembangunan bandara, apakah itu sudah menyimpang. Masyarakat sadar, kesejahteraan warga adalah tujuan utama di samping pembangunan. Bagaimana lagi. Bisakah membayangkan ??
    .
    Bandingkan dengan jember dan madiun, jember yang mempunyai perguruan tinggi banyak menjadikan masyarakat sekitar memiliki peluang usaha dari mahasiswa2 perguruan tinggi tersebut seperti kos, penyewaan, dll itu sudah cukup mampu menompang ekonomi jember. Desember lalu saya berkunjung ke jember melihat perekonomian semakin maju, tercapai dengan pembangunan merata tak semegah megah. Begitulah tahapan kota untuk penyegaran positif.
    Kemudian untuk madiun , madiun terkenal atas Industri Kereta terbesar di Asia Tenggara, tentunya industri besar itu akan mendongkrak sektor tenaga kerja. Madiun yang penuh sarat dengan perkeretaapian tentu membuka lapangan kerja. Saya pernah lihat ke Inka tsb, dan kebanyakan mereka bukan buruh tapi karyawan. Upah mereka adalah 1,5 juta dengan 34.000 karyawan di Inka. Begitu juga pembangunan madiun di fokuskan pada kesejahteraan saya jarang menemui perumahan kumuh, apalagi di sekitar sungai kecuali perumahan padat penduduk. Pembangunan madiun tak terlalu mewah2 apalagi gaya hidup masyarakat.
    .
    Lalu bagaimana dengan kediri, walaupun kota olahraga dengan wilayah sejak dulu kala, saya khawatir pada PT.Gudang Garam, bagaimana lagi pabrik rokok itu dengan buruh 25.000 dan upahnya masih di bawah 1jt, belum lagi rokok itu adalah penganggu kesehatan juga bagaimana nanti kalau pabriknya di tutup. Bagaimana nasib buruh ? Apakah ada solusinya ?? Di samping pembangunan yang mewah2 biar di sebut kota besar sedang penduduk kurang kesejahteraan. Perlulah pemikiran lebih bagi kediri sebagai kota terbesar ke-4 di jatim.
    Salam juga buat warga kota kediri, perhatikan kesadaranmu.

    • Setuju dengan claudia martha itu…?? Luas sekali pengetahuannya.. ??

      • sesekalii buatlah hal hal yang masuk akal.
        lagian saya juga mau menyelesaikan Tesis ini :D jurusan Pengembangan Perencanaan Tata Kota

        • wah wahh

        • Apa yang di katakan dan di jelaskan claudia itu sungguh benar sekali. Tepat juga apa yang di simpulkan isinya.
          Tolong bagi pembaca yang budiman, pahami dan sadarlah apa yang kalian baca sebelum bertindak.
          Saya kasih Jempol dua atas penjelasan claudia.

    • jangan sombong clau !!

    • mas ayah saya orag Gudang Garam low, tetangga saya juga kebanyakan orang gudang garam, dapat darimana upah di bawah 1 juta? itu dulu…
      sekarang, oke mungkin upah sesuai dengan UMR (bagi buruh) tapi jangan salah, GG ini sangat royal kok dengan karyawannya, GG juga tidak hanya intens ke rokok saja searang, mengikut jejak Djarum dan Bentoel, GG sekarang sudah melirik bisnis lain yang juga padat karya, pabrik kertas Zig zag juga bagian dari GG, bisnis properti dan berbagai bisnis lain.

      • Gudang garam itu kan pabrik rokok…??
        Yang artinya memproduksi rokok..
        Rokok itu membahayakan kan..
        kenapa terus terusan di produksi
        sama saja membunuh manusia pelan pelan demi satu yaitu KEPENTINGAN EKONOMI
        berpikirlah dua kali
        .
        Aku orang kediri yang sudah bosan dgn walikotanya dan polusi pabriknya

    • waduh… mb. Claudia Martha, luas sekali pengetahuannya…..
      hanya saja saya ingin menanyakan sedikit, karena saya hanya lulusan SD.
      Sejak saya TK dan SD saya itu diajari bahwa Pemerintahan di Indonesia itu, peminpin kabupaten itu adalah Bupati serta peminpin kotamadya adalah Walikota.
      dan berita diatas nyata-nyata disebutkan kabupaten kediri, trus apa hubungannya akan dikorupsi oleh Walikota….
      Apa mungkin di tempat anda Kuliah S-2 sudah ada perubahan UU ketatanegaraan sehingga sekarang Kabupaten di pimpin oleh Walikota…, kalau memang begitu saya juga ingin menuntut ilmu di tempat tersebut…. terima kasih.

    • sok tau!

    • claudia@ kamu orang jember,iya ? pantes aja tulisanmu memitoskan jmbr hebat,pernahkah kamu menengok daerah lain yang lebih potensial dari jmber.wawasan dangkal sekali kamu..

      • jember go go go garuda indonesia mlai mndrt….

      • @arif: Sekedar memberi tahu, kalo Claudia itu bukan orang Jember, tapi dia orang asli Surabaya. Saya disini sebangai anak Jember. Yg ingin saya tanyakan adalah yg anda maksud daerah yg lebih potensial dari Jember itu potensial di bidang apa? Karena setiap daerah memiliki potensinya sendiri2 yg berbeda2 di tiap daerah. Tidak ada daerah yg memiliki semua potensi yg dimiliki oleh tiap2 daerah lainnya. Dan daerah yg lebih potensial dari Jember yg anda maksud itu daerah mana? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  16. Kediri apakah strategis untuk penunjang/penghubung kota2 besar ??
    .
    Kalo Malang pusat jatim bagian selatan.
    Kalo Jember pusat jatim bagian timur.
    Kalo Madiun pusat jatim bagian barat.
    Kalo Surabaya pusat jatim utama sekaligus pusat jatim bagian utara ?
    .
    Gimana kalau kediri ? Di madiun aja uda ada bandara. Kalau itu AURI, cukup kirim permohonan ke pusat untuk penambahan status bandara menjadi SIPIL. Di bandingkan kalau membangun pasti menggusur tanah pertanian juga anggaran bisa di korupsi pejabat..
    Masyaallah..

    • Jatim Barat masih di Kediri mas kelihatan dengan arus urbanisasi, ekonomi dan jumlah penduduk
      Surabaya sekitar 3.500.000 jiwa,
      Malang sekitar 950.000 jiwa,
      KEDIRI sekitar 312.000 jiwa,
      Madiun sekitar 200.000 jiwa,,
      ditambah dengan hadirnya tenant-tenant nasional yang lebih banyak ditemukan di Kediri, main ke Kediri biar bisa tahu kota ini. Ditambah pembangunan 2 PTN dan 1 Poltek Negeri walaupun sekarang masih kasus, tapi sebentar lagi pilkada dan lambat atau cepat kampus tersebut pasti dibangun, berbagai industri tumbuh dan berkembang di Kediri, begitu pula pariwisata, masih meragukan Kediri?
      Lanud Iswahyudi tidak bisa jadi SIPIL karena merupakan pusat untuk TNI AD, sudah dibahas dari beberapa tahun lalu, bahwa lanud iSwahyudi tidak bisa dikomersilka, Jatim Barat butuh bandara mungkiin bukan untuk sekarang tapi melihat potensi masa datang dan letak Kediri yang diapit kota-kota di sekitarnya, tidak bisa tutup mata kediri bisa jadi next kota ekonomi di JATIM, bahkan pusat Jatim Barat yang saat ini memang sudah terjadi,BANK INDONESIA KEDIRI, BANK JATIM KEDIRI, semuanya membawahi sektor perbankan Jatim Barat.

      • Kota malang 1 juta jiwa..
        Kabupaten malang 2.5 juta jiwa..

      • GAK USAH MENYEPELEKAN MALANG
        KEDIRI GOBLOK
        .
        2 PTN ae opo ? WONG UNIVERSITAS BRAWIJAYA MUNG PUSAT NENG MALANG, NYAPO DI AKUI KEDIRI
        PLAGIAT TENAN

        • sombong bgt wong malang,kyk udah plg gede aja.
          penduduk malang itu banyak karena memang wilayahnya luas,setara dengan wilayah ex kerasidenan kediri (kota & kab kediri,kota & kab blitar,nganjuk,tulungagung,trenggalek).
          jd wajar sja kl pemkab kediri berencana membangun bandara karena sdh menilai potensinya.
          apalagi di kediri sdh ada perusahaan maskapai yaitu surya air anak perusahaan dari gudang garam.
          Goo Kediri!!!

    • rahmad darmawan@ tulisanmu itu kurang wawasan kawan,benar kah malang & jember itu bisa di bilang daerah yg warganya gol mampu? tololng perdalam lagi wawasan anda

      • bener tuuh..menurutku kediri,malang,jember,madiun kotanya tidak berbeda jauh..kecuali surabaya memang perkembangan kotanya melesat jauh.
        tapi jember dan malang wilayahnya luas jadi wajar kalau penduduknya banyak,berbeda dengan kediri dan madiun yang wilayahnya lebih kecil tetapi disangga dengan kota sekitarnya dengan jarak yang berdekatan.

  17. Cudia.. pemaparan anda bagus tapi ad sedikit yang ingin sya koreksi…. anda menyebutkan bukan buruh tapi karyawan…apakah perbedaanya buruh dengan karyawan… menurut saya semua sama buruh ya kayawan …toh mereka sama2 meneriama gaji, atau menurut anda karyawan lebih manusia dari pada buruh?

    untuk pembangunan bandara di kediri saya sepakat, cuma dalam proses pembangunannya tetap harus dalam pengawasan dan pengawalan kita untuk mencegah adanya penyelewengan dana.di samping itu ini adalah program pembangunan yang bagus untuk kediri, kalau yang di perdebatkan layak atau tidak layak …ini bukan hal yang prinsip..coba kita analisa ..yang pertama jika pembangunan bandara jadi terlaksana yang pasti ini akan membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit , dn tentunya bisa membantu pengaguran yang ada di kediri, yang kedua investasi akan berkembang dengan cepat dan mudah di karenakan akses nya lebih mudah dan tentu saja iniakan memberikan dampak yang bagus untuk pertumbuhan eknomi di kediri sendiri, selain itu bisa membantu mengembangakan banyak usaha2 kecil yang sekarang sedang berkembang di kediri,kitaarus bisa berpikir obyektif dalam meliahat satu permasalahan. kalu cuma di lihat secara subyektif kapan kediri kita yang tercinta bisa berkembang.

  18. maaf.. claudia martha ini sombong sekali…
    sudahlah..
    kita harus berpikir positif dan jangan saling menghujat…
    lebih baik kita lihat dulu dari daerah masing2… apakah daerah kalian sudah bagus ? lalu kenapa bisa menghujat ?
    toh kita ini sama2 Indonesia kan ??
    seharusnya, dengan perencanaan pembangunan ini kita saling mendukung… toh nnti kalo kediri ada bandara juga memudahkan daerah2 yang jauh dengan surabaya kan ? trenggalek yg terhalang gunung2.
    Let’s think smart :)
    tuh lihat tekad kuat pak habibie yg harus kita contoh !!!

  19. sssssttttttt….. jangan bedebat!jangan bertengkar!jangan saling adu argumen! lihat tuh tentangga sorak sorai sambil bernyanyi… sorakkk sorakkk berrrgembiiiira…. blitar puuunya bandara….. hore….. kediri dadi kali blitar dadi latar jare joyoboyo…. tau latar ga?.. biasanya kalo latar bahasa jawa adalah pekarangan depan rumah semua orang yang akan berkunjung pasti melewati latar tsb. terus biasanya namanya latar terkadang ada air mancur , tempat bermain bermain anak2 kapal2lan main bola2an trus banyak anak berdatangan kesitu. trus kediri dadi kali tau kali ga? ya artikan lah sendiri…?? karena kali susah dilewati ya udah naik pesawat aja kalo dari atau ke blitar…?

  20. pembangunan bandara disemua daerah bisa saja..
    tapi apa maskapai mau melayani daerah itu..
    pertama Malang bandara dibuka komersil, banyak orang yang meragukan, tapi ternyata ya lancar, malah maskapainya bertambah…
    dan rata2 bandara di indonesia itu kan landasan peninggalannya Belanda..
    kecuali Soekarno Hatta, tapi itu kan ibukota…

    Pemprov menolak juga gk langsung, tapi juga dipikir secara logika..
    dari pembangunan daerahnya, ekonominya, letaknya,demografisnya dll..

  21. Kediri adalah kota yang masuk dalam 5 besar kota di Indonesia dengan Pendapatan Perkapita tertinggi di Indonesia. Urutan pertama adalah kota Bontang-Kaltim,ke 2 Mimika Papua,ke-3 DKI Jakarta, dan ke 4 adalah Kediri dengan pendapatan perkapita Rp.202,33 juta pertahun sedangkan urutan terakhir adalah kota Siak Riau. Adalah logis dan masuk akal kenapa kota-2 tersebut memiliki Pendapatan Perkapita Tinggi,karena misalnya di mimika terdapat tambang emas besar PT.Freeport, Bontang terdapat tambang batubara dan Pabrik Pupuk Kaltim,Jakarta merupakan Ibukota RI tentu saja pusat perputaran roda ekonomi, sedangkan Kediri terdapat Pabrik Rokok Raksasa PT.Gudang Garam yang memiliki luas Pabrik lebih dari 300 ha dan penyumbang cukai terbesar di RI serta bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 50 ribu orang . Sedangkan yang terakhir Kota Siak-Riau tidak asing lagi ada PT.CALTEX . ke lima kota tersebut tentu saja sudah memiliki Bandara kecuali kota Kediri. Dan dengan melihat kondisi tersebut Kota Kediri tentu saja kota yang paling menonjol di Jawa Timur dari indikator Pendapatan Perkapita mengalahkan Ibu Kota Surabaya, Malang ,dan kota-2 lain yang ada di Jatim. Dengan demikian sudah jelas Kediri memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Ditinjau dari letak geografis yang diapit gunang itu hanya persoalan teknis yang akan bisa diatasi oleh para insinyur sipil kita dalam hal pembangunan fisik bandara. Kediri merupakan kota yang dikelilingi kota2 dalam wilayah karsidenan yang mempunyai potensi luar biasa seperti, Blitar,Tulungagung,Trenggalek dan Nganjuk. Oleh karena itu sangat tidak masuk akal dan tidak logis jika Pemprop Jatim menolak Proposal Pembangunan Bandara di Kota Kediri

  22. Sangat logis sekali pembangunan bandara ini kalau perlu di tulungagung biar lebih ditengah. Contoh saya mau bisnis hasil pertanian dari trenggalek untuk dibawa ke batam karena jarak tempuh kargo ke sby yg jauh menjadi gagal..

  23. Selamat datang, lagu nasional Indonesia bersatu dan wajib nasional Garuda Pancasila, merdeka selalu dari Ir. Hj. Soekarno
    First President dari UNTAG 17 Agustus 2005 R.1 dari President BEM UI FH 2011

  24. Rencana Usulan Pembangunan Bandara Kediri sangat strategis untuk pelayanan transportasi ke depan untuk cakupan wilayah Kab/Kota Kediri, Nganjuk, Tulung Agung dan Trenggalek. Wilayah2 tersebut perlu ditunjang sarana dan prasarana khususnya transportasi untuk lebih menarik para investor untuk dapat menanamkan modal mengingat potensinya sangat memungkinkan untuk pengembangan sektor pendidikan, industri/perekonomian, agama, budaya dan pariwisatanya.
    Terlalu buru2 untuk menyimpulkan ketidak layakan pembangunan bandara di kota Kediri .

  25. Alhamdulillah anak bangsa sudah berfikir kedepan…..cuma satu yang masih belum ditinggalkan, budaya eker2an,budaya gontok2 an,budaya saling mengolok masih belum hilang…….cobalah berfikir yang jernih.semua daerah pengin maju,semua masyarakat pengin sejahtera.gak ada salahnya kemajuan suatu daerah diperjuangkan.semuanya harus melihat dari berbagai aspek….jangan hanya membanggakan daerahnya tanpa mikir daerah yang lain.ingat !!!!jasmerah,,jangan sekali-sekali melupakan sejarah.itu pesan salah satu foundingfathers kita.kebetulan saya juga orang kediri.sudah puluhan tahun saya tidak menikmati udara kota kelahiran saya….saya senang melihat adik2 saya berfikir jauh kedepan.tapi ingat yang satu itu…..jangan kita mudah diadu..tetap bersatu.trimakasih sudah menyumbangkan fikirannya untuk kemajuan kota kediri…tapi alangkah lebih baiknya kalo diberikan sumbang fikir yang positif.agar solusi kemajuan Kediri dengan ingin membangun bandara sebagai salah satu upaya untuk mempercepat laju perekonomiannya,,,,,ataupun apalah manfaat lainnya didukung dengan baik.Dan saya yakin,kita dan anak cucu kita jualah yang akan menikmatinya tanpa memandang mereka orang kediri atau bukan.Semoga kota yang sudah lama saya tinggalkan ini akan menjadi lebih baik……salam untuk warga Kediri semua.

  26. Saya orang Solo, punya banyak saudara di Blitar. Perjalanan darat Solo-Blitar, sangat tidak praktis. Maunya bisa ada pesawat antar kota untuk terbang jarak dekat. Mendarat di Malang juga tidak praktis sampai saat ini, terlebih bila terbang dari kota selain Jakarta. Penerbangan jarak pendek tentunya lebih menantang dan sulit, di banding terbang jarak jauh. Dan ini menantang bagi kedua belah pihak, keterampilan pilot, dan kenyamanan atau keselamatan penumpang. Tapi ini masalah teknis terkait dengan jenis pesawat, kapasitas penumpang dan landasan.
    Intinya, saya berharap lebih banyak kabupaten bisa punya bandara.
    Bukan hanya kediri. Saya pikir, otonomi daerah seharusnya membuat pemkab kediri punya otoritas lebih besar untuk kebijakan pembangunan.
    Jadi, bayangan saya, maunya saya bisa terbang dari Solo ke kediri dsb.
    Nanti kalau ASEAN sudah terbuka jalur udaranya, bukan hanya pesawat domestik saja yang akan memanfaatkan bandara2 di Indonesia, armada negara ASEAN lainnya juga.

  27. Merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……….!!!!!

  28. Semuanya bisa / mampu, tp mari kita semua warga negara RI saling membangun dan mengingatkan, agar kita semua bisa meraih apa yg selama ini kita cita-citakan sebagai warga negara yang baik dan berdaulat adil dan makmur. Dirgahayu Negaraku, Merdekaaaa…

  29. saya setuju dengan adanya bandara tersebut mas2 semua,,,mempermudah perjalanan dan transformasi semua…kemajuan harus di nikmati dan di kembangkan bukan untuk diperdebatkan,..

  30. Indahnya perbedaan tentunya utk saling melengkapi dari kekurangan argumen masing2 di atas.
    salah dan benar nya argumen tdk perlu di perdebatkan sangat lah, apalagi muncul cemo’ohan2 dan kata2 yg tidak patut di baca. Indonesia menganut sistem gotong royong utk satu tujuan NKRI yg sudah merdeka, kita tinggal mengisi kemerdekaan itu dengan berbagai potensi yg dimilki diantara kita masing2…….. terkait bandara yg sedang diperjuangkan pemkab kediri seyogyanya di apresiasi karna alasan nya jelas, kemampuan otonom daerahnya dan potensi lokal yg luar biasa bagusnya. pemkab menangkap peluang itu utk lebih berdaya dan bersaing dengan kota/kabupaten di sekitarnya dan sekaligus mempermudah akses ekonomi jalur udara baik utk masyarakat kediri maupun masyarakat kota/kabupaten yg bernaung di karisidenan kediri. Salah satu alasan penting Utk Bandara di Kediri barang kali Tahu nya bisa lebih mendunia sebelum muncul tahu tahu dari luar Indonesia Raya….??? Tempe, Reog Ponorogo, dan Batik di luar Indonesia Sempat ada yg Mengklaim Milik nya….. muga kita bisa mempertahankan petensi lokal kita utk Dunia yg Asli Buatan INDONESIA Raya. TQ

  31. Yah, moga sj terealisasi. Berhubung temen” dan saudara” saya menyebar diluar negeri dan seluruh pelosok nusantara.

  32. Banyak orang kediri bertebaran diseluruh indonesia. Hampir smua kota ada orang kediri gitu loch…

  33. Pak De Karwo coba adakan KRL doubletrack antarkota di Jawa Timur. Pinginnya Kediri-Surabaya atau Surabaya-Kediri butuh waktu tempuh 1jam saja.. Tankyu.. Smoga terealisasi..amiin..

  34. sya orang malang dan kbnyakn warga malang tdk trlalu peduli ada bandara ato tdk dimalang,yg katnya skrg bandara abdurahman naik kelas jd bandara internasiona,pemprov jatm mngizinkan krn bnyak turis asing maupun domestik yg brwisata kemalang raya yg mmbuat kmacetan,dn mnurut sumber wisata,malng raya mnempati urutan kedua diindonesia mnggeser yogyakarta dn mnjdikannya destinasi wisata indonesia setelah bali,mngkin itu alasan pemprov jatim mmbuka bandara internasinal dimalang raya.saran sya:bnyak pekerjaan lain ngpain ngurusi bandara.

  35. Akan membangun atau tidak membangun suatu bandara, tentunya tergantung dari kebutuhan. Bukan karena ingin punya bandara.
    Dan jika sudah merupakan kebutuhan, apakah kebutuhan akan adanya bandara ini sudah menjadi skala prioritas?
    Tentunya harus dikaji, berapakah sesungguhnya jumlah pengguna pesawat terbang yang datang ke dan berangkat dari Kediri dan sekitarnya (Tulung Agung, Blitar, Trenggalek) setiap harinya? Dan kemana atau dari mana para pengguna pesawat terbang ini? Karena ini akan menentukan route bolak-baliknya, apakah Kediri-Jakarta, Kediri-Bandung, Kediri-Den Pasar, Kediri-Balikpapan, dll, dan apakah bisa menjadikan Kediri menjadi tempat transit, misal Jakarta-Kediri-Den Pasar, Balikpapan-Kediri-Jakarta, dst.
    Untuk diketahui, daya angkut penunpang dari pesawat2 terbang dengan kapasitas kecil seperti Boeing 737-200 sekitar 115an, Bombardier CRX 900 sekitar 70an, Boeing 737-500 sekitar 100an.
    Tentunya maskapai2 penerbangan tersebut akan merentangkan sayapnya ke bandara Kediri jika ada kepastian bahwa sekurang-kurangnya 70% dari kapasitas penumpang pesawatnya akan terisi.
    Jadi benar yang dipertanyakan indische, apakah maskapai penerbangan ada yang mau mendaratkan pesawatnya di bandara Kediri?
    Apalagi jika mengharapkan pesawat2 dengan kapasitas sedang seperti Boeing B737-300, B737-400, B737-800, B737-900ER, Air Bus A320 keatas (seperti Boeing B747, Air Bus A330, dll), maka kajiannya benar2 harus matang.
    Disamping itu juga ada kajian bagaimana daya ungkit keberadaan bandara dan mobililitas orang-cargo terhadap perekonomian di Kediri dan sekitarnya, karena biaya investasi dan biaya operasional-pemeliharaannya bukannya kecil. Juga perlu diketahui, walaupun pembangunan bandara tsb menggunakan APBD, tetapi kewenangan pengoperasian bandara tersebut tetap berada dibawah Kementerian Perhubungan.
    Saya tinggal di Pare, Kediri.
    Secara pribadi, saya menginginkan adanya bandara di Kediri.
    Sekurang-2nya sebulan 1 kali saya pergi ke Balikpapan atau Makassar atau Jakarta.
    Dan saya merasakan repotnya untuk menuju ke bandara Juanda Surabaya.
    Jika saya menggunakan pesawat yang take 0ff dari Juanda pkl. 06:00, maka saya harus berangkat dari rumah selambat2nya pkl. 1:00 dini hari (3 jam perjalanan Kediri-Juanda, dan Check In 1-2 jam sebelum take off), dan ini disertai rasa was2 kalau terjadi kemacetan di jalan. Kemacetan bisa terjadi oleh bermacam2 sebab.
    Yang pernah saya alami, terjadi kemacetan mulai dari jalan By Pass Krian sampai di Sepanjang, akibat ada truk gandeng terbalik di Jembatan Layang Sepanjang pada pkl. 2:00 dini hari.
    Terjadi kemacetan total dan butuh tambahan waktu 2 jam hanya untuk melewati dari Jalan By Pass sampai Sepanjang.
    Dan saya terlambat tiba di Juanda.
    Begitu juga jika saya kembali ke Kediri.
    Saya pernah mengalami delay di Jakarta, dan tiba di Surabaya pkl. 22:00. Dan tiba dirumah pkl. 01:00 dini hari.
    Tentang bandara Malang, tahun Agustus 2011 dari Jakarta saya ke Malang dengan Garuda.
    Hari berikutnya saya akan ke Balikpapan.
    Ternyata tidak ada penerbangan dari Malang ke Balikpapan, dan saya harus ke bandara Juanda Surabaya.
    Route perbangan yang ada adalah Den Pasar-Malang-Jakarta bolak-balik.
    Jadi jika bandara Kediri jadi dibangun, dan route penerbangannya hanya Kediri-Jakarta pp, maka jika saya akan ke Balikpapan atau Makassar, ya terpaksa ke Surabaya juga.
    Tapi ya tidak apa2, setidak2nya jika ada bandara di Kediri, untuk ke Jakarta sudah tidak repot lagi.

  36. saya orang madiun tp saya tak sesombong kalian.

    • saya jg orang madiun tp juga nggak sombong,wkwk

  37. Aspek pembangunan di kediri Harusnya masyarakat Kediri Maju terus Pantang mundur…..! bagaimana Maju Daerah di Indonesia Klu Infrastucturnya tidak ada!!!!!!!
    saya lihat debat kayak begini menandakan kita masih berwawasan sempit… sekali Nggak mallluuuuu ama Belanda!! katanaya Orang ind masih rebutan tulang kering…..Ayo Pemuda/Pemudi tujukan kalian mampu mewujudkan impianmu di seluruh daerah Indonesia jangan saling ejek, Fitnah, Egois, sok pandai, tdk saling…, tdk mengerti masyarakat kita, Di MANA INDONESIA KITA? Semangat KITA, Hanya kritik kita marah, bedapendapat kita perang, TANYA KITA SENDIRI KITA INI PUNYA NURANI dan KEYAKINAN> Jangan Jadi BANGSA Yang KERDIL, KITA BANGSA YANG BESAR,HEBAT,DAN PASTI BISA!!!!
    MERDEKA!!! TERUS MERDEKA!!!!!!!!

  38. Alasan yang paling logis kenapa pemprov Jatim menolak, karena mereka tidak ingin pelanggan setia bandara Juanda kabur.
    Saya merupakan salah satu langganan penumpang pesawat, biasanya kalau saya ke Jakarta harus ke Juanda, dan harus menempuh 3 jam perjalanan dari Kediri.
    Perlu diketahui juga banyak para karyawan Gudang Garam yang sering menggunakan pesawat ke Jakarta dan harus ke Juanda.

    • bayangkan saja jika seandainya ada bandara di Kediri, akan sangat banyak penumpang pesawat berasal dari Blitar, tulungagung, tranggalek, jombang yang lebih memilih ke Bandara Kediri ketimbang Juanda :)

      so, that’s why proposal pembangunan banda di Kediri ditolak…!

    • @Botax: Saya tidak sependapat jika alasan utama penolakan bandara kediri adalah karena agar pelanggan juanda tidak kabur, karena di dekat bandara juanda saja (kira2 90 km) terdapat bandara Abdurahman Shaleh di Malang yg kalo ditempuh perjalanan darat kira2 hanya 2 jam. Malahan skrg bandara malang udah jadi bandara internasional.

  39. jujur sya orng solo sngat gelih skali melihat komen2 berbau angkuh seperti kmpulan orang ndeso yg mengkota seperti ini.

  40. klo menurut saya kota dijawa timur yg bisa bersaing dengan surabaya hanyalah malang.mulai dr sdm,pendidikan,wisata,kebersihan,kuliner,olah raga dan pembangunan mereka saling bersaing menjadi yg terbaik dijatim.jd wajar klo bandara diizinkan pemprov dibangun dimalang.

    • Wajar emang bro..
      Apalagi di malang sudah ada sejak jaman belanda

  41. Kalo menyepelekan malang, ada yang bilang kediri itu kota penting karena jadi jalur transit, sedangkan malang ke mana..
    Hei, ingat malang itu kalo kamu ngomong pentingnya dimana..
    Saya jawab ya daerahnya itu penting dari jaman belanda emang penting, dan malang itu kota penting daerah vital, liat mulai depo pertamina, objek militer, universitas, pembangkit listrik dll..
    Liat kalo orang batak pulang ke sumatra dari jakarta ya harus lewat medan padahal kampungnya masih ratusan kilometer tapi orang batak gak ada yg protes, dan di indonesia juga gak sumatra aja banyak kok, contoh makassar, ambon dll…
    Saya pikir orang kediri itu pengen jadi kota besar lha wong penduduknya aja gak kab+kota gak sampek 2 jt..
    Lha malang, kota+kab+batu sekarang berdasarkan dispenduk 4 juta…
    Ujung ujungnya orang kediri juga banyak yang merantau ke malang…
    Pemprov nolak itu juga punya alasan logis, pemprov aja nolak apalagi pusat, biasanya pemprov setuju tapi pusat nolak, lha ini malah dua2nya…
    Daripada ribut bandara, sejahterakan dulu masyarakatmu..
    Wong sik akeh sing mancal sepeda ae kakehan polah..
    Daya beli rendah kok mau beli tiket pesawat..
    Apa kata dunia…

  42. 2 miliar itu gak sedikit lho..
    BPK juga harus bisa nyelidiki dibuat apa aja 2 miliar itu..
    Coba buat pembangunan di kediri..
    Bisa mensejahterakan juga itu..

  43. Sebenernya banyak proyek banyak korupsi . .mungkin g bisa dikorup, jadi g jadi dibangun. .hehehe,biasa udah adat indonesia

  44. hehe, setuju sama pak Pemprov.. tolong di proteksi tu yang namanya kawasan pertanian,, jangan digusur buat bandara…. kasihan,,, ketahanan pangan terancam.. saya sih sebenernya juga orang kediri..

  45. saya orang Ponorogo , masyarakat sini klo ke Bandara spt maw ke Jakarta , Umroh dll via Bandara Adi Soemarmo Solo karna lebih dekat daripada ke Juanda :-)

  46. yang harus dbgun bndara itu seharusnya di kabupaten nganjuk, tepatnya di kertosono. Karena tempatnya strategis dijalur utama lintas provinsi surabaya – madiun, bukanya di kediri, kalo menurutku sih kediri terlalu keselatan

  47. menarik sekali diskusi panjenengan semua. saya ingin, turut urun rembug.
    1. memang seharusnya tata ruang daerah itu di desain dnegan matang dan baik. tapi di Indonesia, tata ruang hanya dijadikan alat gagah gagahan saja. Semua temen claudi nantiu tidak demikian. Bukti kongrit : seberpa proyek bongkar pasang kabel listrik, besok telkom, luas PAM lalu pelebaran jalan. seharusnya kota atau wilayah sudah direncanakan semuanya
    2. terkait bandara, dak usah diperdebatkan. saya tidak paham terkait syarat berdirinya ssebuah bandara. kapan BEP dan biaya perwatannya dll. Yang jelas, kalo gara-gara sudah keluar dana untuk studi sebesar 2 M yang itu pemborosan dan salah strategi. dan hasil studi bisa ditolak bisa diterima. seharusnya, perencanaan kota melihat pernecanaan wilayah lebih besar lagi (provisnsi)

    3. Kita ini di atur oleh pejabat2 korup. kekawatiran kita ada dasarnya. lihat proyek sarana PON di Riau, di Kaltim dana proyek besar lainnya yang di negeri ini di jadaikan perahan parpol. Jika kalian orang parpol semoga tidak punya perilaku ‘murahan’ kayak gitu

    4. Jika alasanya jauh jarak tempuh, berpa waktu yang ideal ? menurut saja, karena transportasi umum kita tidak nyaman. tidah semua akses terjangkau oelh transportsi cepat dan nyaman. Kediri bisa berbenah membangun transportasi yang nyaman, murah dan cepat, termasuk daerah lain.

    terima kasih

  48. mengapa pada pusing…..ngomel sana sini….kediri urusane wong kediri, mau mengembangkan ekosistem ekonomi yang baik malah di seruduk sana sini. emang kalian punya konsep apa….ojo mung ngedumel ae….

  49. Semoga Kediri suatu Saat bisa merealisasikan impianya mempunyai Airport sendiri…. 2 M menjadi dasar untuk meraih impianya…
    “Jer basuki mowo beo” tetap semangat….
    Primsipnya, Daerah tidak Akan bisa maju kalo ngk daerah itu sendiri yg mau merubah menjadi maju lebih baik.
    Pro kontra Hal yg biasa…. Bravo Kediri, Pare.
    Tapi Jangan lupa, Damai itu indah….

  50. Jadi KEDIRI adalah kota yang lumayan ISTIMEWA karena terdapat banyak sumber alamnya dan pertaniannya untuk masalah pembangunan bandara nampaknya bagus juga karena masyarakat kediri tuh tidak lagi katro dimana di kediri banyak masyarakat luar yg tinggal di kediri entah untuk masalah pekerjaan atau apapun itu.dan buat mahasiswa” yang kuliah di kediri kalau pembangunan bandara di kediri nampaknya mereka sangat setuju agar memudahkan mereka sampai ke tujuan.di kediri transportasi handalnya hanya kereta api dan bus AKAP.selain itu faktor pariwisata juga mendukung karena kediri merupakan tempat bersejarah dimana ada kerajaan kediri dahulunya dan banyak peninggalan” yang ada,dan di kediri ada simpang lima nggumul yang indah….. Maju terus Kediri!

  51. jember & banyuwangi bisa bikin bandara,padahal letak kotanya bersebelahan,kenapa kediri tidak??

    • bndr bnywngi bgus sdh beroprsi sdngkn jbr blm beroprsi krn trsngkt krpsi dl tp sbntr lg bndr jmbr tinggl mnggu bulan akn beroprsi,jember n bnyuwngi kota yang selalu bersaing mari kita lihat bersama bandara mn yang akn d tju oleh pndduk maupun kota2 trdekt..lbh baik mlht scr nyata dr pd komen. hidup jatiiiiiimmmmm…..

  52. mending neng nganjuk wae…. Dari pada rebutan…..

  53. Paling2 dana buat bandara ntar dikorupsi……. orang pejabatnya banyak yang koruptor

  54. Contoh banyuwangi transportasi darat, udara, laut semua tersedi di banyuwangi

  55. Bikin tertawa komentar kalian,
    maklum orang jawa,
    hanya orang jawa yg suka berulah,
    jancok jawa itu ..
    Anjing jawa itu…
    Muka lonte jawa itu..
    Tai babi mulut jawa itu..

    • @arif : jgn rasis broo,indonesia bhineka tunggal ika!!!

    • arif jancok

    • wah sampean iku wong apa buto yo ngomong ngawor jelekne wong jowo sampean iku urep nek endi?

    • torkop mari

  56. Gag penting bandara itu mending bangun lokalisasi seperti di banyuwangi
    mantap. . . .

  57. sejak dulu kediri tidak boleh membuat bandara sendiri oleh pemprov walaupun pihak GG sudah berencana membuat dg biaya sendiri ,soalnya pendapatan juanda akan berkurang klau daerah lain membuat sendiri, nakalan kan!

  58. Data dari mana jember kota terbesar ke-3 di jatim,jgn bohong kamu dosa tau..,lha wong warganya aja banyak yg miskin,jember itu kelihatan megah tapi di depan saja.

    • Mas Arif, Jember itu bukan kota terbesar ke-3 di Jatim. Tapi daerah terluas ke-3 di Jatim setelah Kab. Banyuwangi dan Kab. Malang. Kalo untuk kota besar bisa digolongkan dari jumlah penduduk atau luas wilayah kota. kodya Malang aja masih kalah luas dengan kodya Batu. Tapi kodya Malang dikatakan lebih besar karna memakai jumlah penduduk lebih banyak. piiiiiiiisssssssss :-)

  59. @fudy : kakek dari babe ane ( toraja + timor ) kakek dari enyak ane ( jawa+ bali ) kira2 lebih indonesia siapa darah ente atau ane..
    Ane cuma ingin satu INDONESIA SAJA,
    MAKANYA ANE BENCI SUKU,YG AKAN MENGHAMBAT KEMAJUAN BANGSA.
    Tx

    • @Arif: trus menurut anda smua orang Indonesia harus kawin antar suku gitu?? kalo smua orang Indonesia kawin antar suku bisa2 habislah keanekaragaman budaya suku2 di Indonesia..

      • @Arif: Tapi ane lebih benci lagi sama orang yg sukunya gak jelas kaya’ ente. Ente emang suku mana? Ente kagak punya budaya. Ingat tarik lagi kata2 anda yg menghina suku jawa, ente sendiri masih keturunan orang jawa.

  60. Kab terbesar di jatim banyuwangi, suku oseng, blambangan

    • @mandala: puputan bayu brow!!!!!!!!!!

  61. @all
    tolong komentarnya yang bermanfaat ya
    ini bukan forum debat, tapi berpendapat
    berpendapat lah yang pantas untuk masyarakat luas
    jangan saling menonjolkan kelebihan masing-masing
    koreksi diri itu lebih penting
    #Jombang

  62. Membaca komentar-komentar di atas bikin ketawa sekaligus bikin kesel. Yang masih membekas adalah keselnya. Terlepas dari itu semua, saya adalah warga asli Kediri yang sekarang bekerja di Jakarta, bukan sebagai TKI. Saya sangat mendukung adanya pembangunan bandara di Kediri karena akan memudahkan warga-warga Kediri yang berada di daerah dalam bertransportasi. Bayangkan saja perjalanan Surabaya – Jakarta hanya ditempuh selama satu jam, sedangkan dari Kediri ke Surabaya memerlukan waktu 4-5 jam. Akan sangat memudahkan jika ada penerbangan langsung Kediri – Jakarta dan sebaliknya.

  63. kalo aku pun tak setujulah, macam mana pembangunan bandara di Kediri buang – buang duit saja kao ini. coba kao pikir untuk pantas dibangun bandara kota Kediri haruslah memenuhi syarat-syarat antara lain:

    1. Kota Kediri haruslah merupakan kota yang tingkat mobilitas penduduknya tinggi. Artinya 98% penduduk dalam gross rata-rata mempunyai mobilitas antar pulau dan ke luar negeri tinggi.
    2. Tingkat pendapatan perkapita penduduk Kediri haruslah mampu menyamai tingkat pendapatan perkapita penduduk MEGAPOLITAN (JAKARTA) atau METROPOLITAN(SURABAYA,Bandung,Jogya,Medan,Malang,Banjarmasin, Denpasar-Bali dll)
    3. Kota Kediri haruslah merupakan kota wisata, kota pendidikan dan kota industri sehingga pendapatan daerah Kediri Gross pertahun menyamai tingkat pendapatan perkapita penduduk MEGAPOLITAN (JAKARTA) atau (SURABAYA,Bandung,Jogya,Medan,Malang,Banjarmasin, Denpasar-Bali dll)

    Kalo belum mampu memenuhi syarat-syarat tersebut diatas, maka percumalah kao bangun sampai tua …. malah kao merugi teruslah ….. kalo cuma fokus pada pendapatan TKI saja … buat apalah kao bangun bandara di kota Kediri …pakai sajalah Bandara di Kota Malang dengan pertimbangan bahwa jarak Kota Malang dengan Kota Kediri cukup dekat dan pertimbangan aku yang kedua adalah menghemat biaya pembangunan bandara (HORAS…..HORAS…..HORAS)
    (DR. Agam Simanjuntak, S.H., M.H-Kantor Pusat/Jakarta Selatan)

    • Kediri adalah kota yang masuk dalam 5 besar kota di Indonesia dengan Pendapatan Perkapita tertinggi di Indonesia. Urutan pertama adalah kota Bontang-Kaltim,ke 2 Mimika Papua,ke-3 DKI Jakarta, dan ke 4 adalah Kediri dengan pendapatan perkapita Rp.202,33 juta pertahun sedangkan urutan terakhir adalah kota Siak Riau. Adalah logis dan masuk akal kenapa kota-2 tersebut memiliki Pendapatan Perkapita Tinggi,karena misalnya di mimika terdapat tambang emas besar PT.Freeport, Bontang terdapat tambang batubara dan Pabrik Pupuk Kaltim,Jakarta merupakan Ibukota RI tentu saja pusat perputaran roda ekonomi, sedangkan Kediri terdapat Pabrik Rokok Raksasa PT.Gudang Garam yang memiliki luas Pabrik lebih dari 300 ha dan penyumbang cukai terbesar di RI serta bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 50 ribu orang . Sedangkan yang terakhir Kota Siak-Riau tidak asing lagi ada PT.CALTEX . ke lima kota tersebut tentu saja sudah memiliki Bandara kecuali kota Kediri. Dan dengan melihat kondisi tersebut Kota Kediri tentu saja kota yang paling menonjol di Jawa Timur dari indikator Pendapatan Perkapita mengalahkan Ibu Kota Surabaya, Malang ,dan kota-2 lain yang ada di Jatim. Dengan demikian sudah jelas Kediri memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Ditinjau dari letak geografis yang diapit gunang itu hanya persoalan teknis yang akan bisa diatasi oleh para insinyur sipil kita dalam hal pembangunan fisik bandara. Kediri merupakan kota yang dikelilingi kota2 dalam wilayah karsidenan yang mempunyai potensi luar biasa seperti, Blitar,Tulungagung,Trenggalek dan Nganjuk. Oleh karena itu sangat tidak masuk akal dan tidak logis jika Pemprop Jatim menolak Proposal Pembangunan Bandara di Kota Kediri

  64. assalamu’alaikum..
    masuk ya..
    wah rame sekali. saya juga tulen orang kediri merasa sakit membaca komen demikian. oke, kediri mgkn gak sbsar malang. tapi gusti pengeran sdah pasti membagi rzki scra merata to? bukan mslah g jd d bngun nya, tapi komen yg meremeh kan.
    ya sama2 Indonesianya,, sama2 jawa timurnya arogansi kota nya ya jgn sampe gt lah, ya kalo mmg g dstujui mgkn memang keadaan dan waktunya belum tepat. Allah blm mngizinkan skr, Allah pasti punya punya rncana kok knp surabaya mndj kota indstri bsar, knp malang mnjd kota wisata, PTN, dsb. dan pasti kediri jg punya keistimewaan. yah, mgkn mmg blm . belum. tp stdaknya tahun kmrn wsata gunung kelud mndapatkan penghargaan wisata terbaik jawa timur. alhamdulillah lumayan :) . klo semua kota tpt wsata, tpt industri yah mgkn kediri bs djadikan kota/kbupaten asli penduduk pribumi. hehe
    jadi ya apa salahnya mas mbak slg menghargai kota dan kabupaten..
    memang kediri tak seindah malang. tak sebesar surabaya. tapi kediri punya rasa. waullohua’lam :) ).. sudah sudah ya debat yg lbh urgent saja.. salan damai putra-putri kediri :)

    • jangan sakit hati lah masbro, disikapi dengan bijak saja.
      menurut saya bandara di kediri masih belum urgent, masi bisa tercover oleh bandara di sekitarnya(abdulrahmansaleh, juanda).
      kalau semua kota minta dibikinkan bandara, wah jadi kacau penerbangan jatim ini hehe.
      yang jelas pemprov punya blueprint pengembangan jati kedepannya seperti apa.tapi belum untuk bandara di kediri,
      masih banyak aspek pembangunan yg bisa dikembangkan selain bandara.
      misal gunung kelud…tp masih rebutan sama blitar ya hehehe

      salam damai dari malang

      • malang tdk prlu ada bandara toh jg dkt dgn juanda,seharusnya bandara di bangun di sekitar kediri saja.

        • bandara di malang itu dari pangkalan militer yg sdh ada sejak dulu….tdk bengun baru ….
          Kalau bangun baru …cenderung ada korupsi …
          Seperti Bwi & Jember …..;-( ….

      • bener itu, kalau semua kabupaten minta dibuatin airport bisa kacau alur penerbangan, mending kereta api/ transportasi publik yang memadai. dengan doble track kan jauh lebih efisien, itu harapan kita semua. buat airport itu gampang. biaya perawatan itu yang mahal.

  65. Banyuwangi mempunyai ajang balap sepeda standart international “tour de ijen”, festival seribu gandrung, fenomena blue fire kawah ijen, pantai pelengkung terbesar n0mer dua di dunia setelah hawai

    regk dolano nang bwi
    salam santet “satukan tekat”

  66. semua kota di jawa timur maju,punya kelebihan dan kekurangan masing2,tinggal pemimpinya aja asal jangan KKN saya yakin semua bisa.

  67. saya org kdr ngapain bangun bandara kedirikan kota kecil lagian di surabaya ,malang ame madiun kan udah ada bandara ngapain si pake bangun segala borozzzzzzzzzzzzzzzzzz duit aja !

  68. lucu ya smua pada ribut soal bndara.ngapain pening mikir bandara mikir keluarga ja dulu dah terasa mapan ndak ekonomi keluarga kita.itu yg penting bro gak payah debat saling caci kta ni sebangsa gak baek tau saling hina.ku d luar negri tp ku bangga banyuwangi pelan tp pasti sdah bisa menyandang kab trkaya no 11 dr 50 kab /kota seindonesia dan no 2 terkaya se jatim.SALAM JENG
    GIRAT TANGI LARE OSING

  69. kapan di bangun nih bandaranya

  70. Untuk wilah Kediri kurasa belum cocok untuk memiki sebuah bandara….

  71. Nggak ada yang perlu disombongkan, sekalipun sanggup kau letakkan dunia ini ada pada genggamanmu
    menyoal kenapa permintaan pembangunan bandara oleh pemkab Kediri ditolak atau sekalipun disetujui hal ini tentunya sudah dikaji secara mendalam. lha wong masalahnya sudah jadi keputusan kok malah jadi bahan perdebatan:-)

  72. Mantep banyuwangi
    lar0s

  73. pada ramai berdebat…
    FS bandara, megraproyek untuk kepentingan pribadi penguasa aja

  74. MEEEERRRRDEEEEKAAAAAAHHHHHHHHH……………

  75. Kalau Kediri dengan potensinya yang ingin membangun Bandara di kotanya saya kira sah-sah saja. Dan jika kendalanya di Tata Ruang Jatim saya kira saya kira bisa dibicarakan untuk memasukkan usulan perubahan Tata Ruang Jawa Timur yang akan datang. Apalagi jika sudah ada kajian baik itu Study Kelayakannya bisa dilihat potensi baik itu potensi daerah maupun potensi penumpangnya. Yang tidak kalah pentingnya adalah kajian mengenai ruang udara sehingga tidak besinggungan dengan ruang udara dari bandara madiun maupun dengan bandara Malang sebagai tetangga terdekat. Saya kira untuk kemajuan Jawa Timur kita perlu mengkaji dengan sungguh – sungguh dan sebenar – benarnya.

    • setuju mas bro

  76. Banyak yg lucu koment2 di atas..ada yg bilang Bung Karno adalah putra kediri, ada juga yg bilang pemikiran orang ndeso tapi ngsku kota, ada lagi yang bilang orang jawa selalu bikin ulah..wah wah pada hebat2 orang2 di atas..sebetulnya bener2 tahu apa ngaku2 tahu sich kalian..trus untuk saudara Arif yg menghujat orang jawa tolong tarik kata2 anda..jangan memperkeruh suasana..kaya suku anda yg terbaik sedunia saja..ingat indonesia iti satu..bhineka tunggal ika..jadi jangan mengeluarkan kata2 yg memperpecah belah..ingat,tidak semua orang2 jawa itu seperti yg anda voniskan bahwa orang jaea suka bikin ulah..saya sebagai orang jawa asli tidak terima kalau anda bilang bukan orang jawa kalau gak bikin ulah,kan orang jawa itu sukanya bikin ulah..emangnya anda sudah pling benar kah???????

  77. Trus untuk penolakan pembangunan bandara di kediri, mungkin pemprov sudah berfikir matang2 dampak yg akan terjadi jika di bangun bandara tersebut..

  78. ya itulah keistimewaan kota kediri. dari jaman kerajaan sampai sekarang kediri selalu diperhitungkan. banyak pesohor negeri ini tidak berani mengunjungi kota yang paling bersejarah ini karena kota kediri yang menyimpan misteri, banyak pemimpin negeri ini yang takut untuk datang pasti nanti lengser keprabon gt. karena kerajaan pertama dijawa berasal dari kerajaan kediri. kenapa bangsa TAR- TAR DAN bangsa MONGOLIA dari surabaya berlabuh ke pelabuhan bandar kediri? karena kediri mempunyai daya tarik yang luar biasa isulah sistime pemerintahan kediri yang moderen dan luar biasa,

    • @Paulus: Emang di Kediri ada pelabuhan? Kalau memang ada apa letaknya di sungai brantas?

      • @ananda:ada,wkt jaman kerajaan kediri.

        • @Andri: Kalo skrg apa masih ada?

          • ada,tuh dermaga jayabaya

  79. sdh lah sy g prl bxk bcr prcm yg pntng klu mw naik pswt ya brngkt k bndr terdekat..ocey booooossssss

  80. Harus ada bandara di kediri jadi bila saya pulang ke tulungangung-Banten akan lebih mudah,dan juga untuk meningkatkan perekonomian seperti di jateng yang akan dibangun 3 bandara baru, semua harus berpikir positif untuk pembangunan yang akan datang,kediri dan sekitarnya adalah kota terisolir dari pesatnya pertumbuhan ekonomi jadi haruslah di buka secepatnya bandara ini…..semoga semua sadar demi kemajuan wilayah kediri dan sekitarnya

  81. Harusnya yang dibangun bandara tuh tulungagung bukan kediri…

  82. what?? gagal pembangunannya. peh kalau begini, saya sbgai warga kedri asli kecewa. kan enak kalu ada bandarnya. mau tour ke kota-kota lain gampang.

    • sneng tour smean mbak q due dokar siap mngntr prjlnn k brbgai prop. d jmin pst lm smpi 7an..hehehe….

    • klu mw tour jgn naik pswt mbak mahal. q pny dokar siap mngntr k brbgai kota d jamin bkl lm smpi 7an.pis pis piiiiiiissss gae snyum ae mbak….

  83. infrastruktur jalan di kabupaten kediri aja payah kok mau bikin bandara,benahin dulu tuh jalan antar kotanya,bikin yg lebar kasih separator dan jangan lupa dipasang PJU biar bersinar terang

  84. kediri sdh layak ada bandara , kalau dikatakan tdk layak krn memiliki gn meletus dan sebgainya rasanya itu bukan alasan yg tepat dan mendasar sekali, sebab byk jg kabupaten dan kota yg memiliki gn meletus tetapi jg terdapat bandara , semestinya pemprov harus jeli melihat kondisi ini, bahwa byk sekali yg terbantu jika di bangun bandara di kota kediri, seperti masyarakat kota madiun,nganjuk, tulungagung,trenggalek, cb lah di pertimbangkan lagi dan di kaji lg tentu Fs menjadi acuan awal , jgn dl berpikir persoalan nantinya akan di korup dananya dll pemahaman, krn jika kita berpikir sprti itu pembangunan ini tdk akan ada teman2, jg kita tdk usah meributkan kelebihan dan kekurangan tiap2 kabupaten krn seiring waktu dgn pergantian kepemimpinan tentu ada perubahan pembangunan yg berjalan oleh pemimpin kabupaten yg terpilih , makanya cb lah meliat daerah NTT hampir di setiap kabupaten memiliki bandara sekalipun jalan dalam kotanya dan antar kabupatennya msh byk yg perlu perhatian, namun bukan menjadi tolak ukur jalan dalam kota tdk baik sehingga blm layak ada airport di suatu kabupaten tetapi dgn adanya bandara jg dapat mempermudah segala sisi sperti bisnis dllnya. krn airport ada kebutuhan masyarakat byk bukan hy warga setempat yg menikmati tetapi siapa sj yg memerlukan fasilitas airport kediri dapat dgn mudah di akses dr kabupaten2 tetangga..akan besar koq manfaatnya yg penting berpikir nya demi kepentingan masyarakat seutuhnya bukan tarik menarik kepentingan. tks wslm.

  85. jbr bwi enek bndrne rek mrine pdo2 d singgahi garuda indonesia…demo ae rek cek d bngun bndr neng kdri..hahaha piiiiiisssss…..

  86. Lambat laun insyaalloh akan dibangun bandara di Kediri sebab apa, kebutuhan akan transportasi masal dengan tempo yang relatif cepat akan menjadi kebutuhan masyarakat untuk menunjang mobilitas yang semakin padat. Untuk membangun infrastruktur juga tidak mudah harus mempertibangkan studi kelayakan yang ada. Kediri terus berbenah melalui program2 UMKM nya untuk meningkatkan perekonomian lokal, meningkatkan nilai penerimaan pajak daerah…meningkatkan idustrialisasi terutama dari hasil bumi seperti pertanian dan perkebunan dari barang mentah menjadi barang setengah jadi bahkan barang jadi. Pembangunan infrastruktur transportasi angkutan darat, peningkatan kapasitas jalur akses informasi, Peningkatan ketersedian sumber daya energi terutama listrik untuk menunjang industri, meningkatkan sarana pendidikan beserta para pelaku pendidikan yang terlibat didalamnya. Nah kebutuhan bandara akan sangat diperlukan kedepannya karena sebagai sarana mobilitas yang cepat untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat…dengan bandara akan mempermudah jarak tempuh untuk bepergian dari kediri ke tempat2 yang jauh…bisa antar propinsi atau antar negara…Dengan semakin murahnya harga tiket suatu penerbangan maka hal ini menjadi daya pikat konsumen untuk melakukan cara bepergian menggunakan moda pesawat terbang dengan pertimbangan cepat efisiensi waktu dan biayanya. Bandara juga bisa untuk sarana lalu lintas ekspor impor barang keluar negeri. Nah mungkin itu alasan kenapa lambat laun akan dibangun bandara di kediri untuk menopang mobilitas masyarakatnya akan tetapi itu entah kapan pelaksanaannya kita tunggu saja hari hari kedepan.

  87. sebenarnya pembangunan bandara disuatu daerah itu mmg perlu,salah satunya untuk memajukan daerah tersebut,akan tetapi sebelumnya juga harus dikaji terlebih dahulu semua aspek kedepan yg mmbuat bandara itu bisa berdiri dan beroperasi,seperti halnya taraf ekonomi masyarakatnya,letak daerah secara geografis,dan untuk tujuan jangka panjang yang bagaimana supaya bandara itu bisa tetap beroperasi..maaf** lihat kota malang dgn bandara abdrhmn saleh nya & banyuwangi dgn bandara blimbingsari nya ,seperti kita ketahui kedua kota tersebut merupakan daerah pegunungan tapi kedua daerah tersebut ternyata mampu untuk melakukanya,dan setelah dikaji di semua aspek ternyata daerah tersebut layak untuk didirikan bandara.
    Mungkin PEMPROV JATIM menolak pembangunan bandara di kab.kediri dikarenakan ada suatu aspek atau perihal yg kurang memenuhi syarat untuk dibangunya bandara didaerah tersebut dan dgn sikap Pemprov Jatim seperti itu diharapkan supaya kab.kediri bisa lebih berbenah lagi untuk menjadi yang lebih baik dan menjadi daerah yg mumpuni untuk dibangun bandara,thx

    • Pembangunan bandara di Kediri ditolak karena pemkab Kediri belum mengantongi izin dari pihak AURI lanud Iswahyudi Madiun sebab wilayah Kediri merupakan area terbang militer milik lanud Iswahyudi Madiun. Jadi wilayah Kediri harus steril dari penerbangan komersil.

  88. Wah penerbangan perdana Garuda Indonesia Surabaya-Jember pp segera dimulai 16 Juli 2014. Saya domisili Kediri tapi mau pulkam ke Jember saat kate riyoyo rek !!

  89. Garuda berhasil menerbangi Bandara Notohadinegoro Jember dengan lancar. Dan hari ini penumpangnya penuh. 700 tiket terjual dalam waktu 7 hari…

    • Bagus itu, semoga ke depannya bandara Notohadinegoro semakin ramai dan dpt semakin memajukan perekonomian kab. Jember.

  90. Sblmny trm ksh atas coment dr semuany. Setiap orang punya visi misi bgtu jug dngn pemerintah. Pemkab menginginkan pmbngunan bandara.pemerintah menolak. Dr semua itu pst ad alsany..tetapi…alasan”sprt itu yg kt tdk ketahui…begitu juga sebalikny. Pemkab kediri sy rs sdh bgus dlm pmbngunan nya…bnyk perubahan yg sdh d lakukan.dan semoga ini terus berkmbang lbh pesat lg…dan bs bersaing lbh hbt lg dengan kota” yg lainy…tdk perlu menghina kota”tetangga…krn itu bukan cr berfikir orang intelektual.lbh baik bgmn cr kita memajukan kota kita sndr itu akn lbh baik.jngn PUTUS ASA pemkab kediri.teruskan perjuangan demi kebaikan dan ke sejahteraan rakyak kediri.KHUSUSNYA kab kediri. Salam PUTRA KEDIRI.

  91. Pernah ane baca pemprov Jatim bakal membangun beberapa bandara baru diantaranya di Bojonegoro, Blitar, dan Lamongan/Gresik sebagai bandara pembantu Juanda dan tidak untuk wilayah eks. Karesidenan Madiun-Kediri

  92. Saya sanhat setuju Kediri d bangun bandara, coba bayangkan d jawa timur bagian barat blm ada fasilitas bandara kan? Masak kita2 yg mau menggunakan pesawat harus ke surabaya yg kira2 3 jam dari kediri atau harus ke solo and jogja.. Alangkah bahagianya saya apabila kediri segera di bangun bandara.. Ayoo kediri semakin maju..

  93. Banyak hal yg hrs disiapkan dalam membangun suatu bandara. Diantaranya kelayakan ekonomi, teknis & lingkungan. Mungkin sj pendapat Bpk/Ibu diatas ada betulnya akan tetapi masih berdasarkan pertimbangan yg bersifat parsial. Teknis adalah kesesuaian lokasinya, tidak hanya kedekatan dgn gunung kelud, zona udara kediri merupakan zona latihan dari pangkalan Lanud Iswahyudi. Keamanan terbang dan aktivitas militer ini juga menjadi pertimbangan. Kalau dr sisi ekonomi sangat dimungkinkan adanya bandara akan mendorong pertumbuhan ekonomi Kediri Raya (kediri, nganjuk, blitar, tulungagung, ternggalek, jombang). Dari sisi lingkungan kita bisa melihat lokasinya merupakan bentang alam yang seperti apa, apakah menyulidkan operator nantinya?
    Sekedar usul karena saat ini lokasi bandara sudah ada, bagaimana kalau dibangun kampus pendidikan tinggi yang bagus. Dengar-dengar Kota Kediri kesulitan menyediakan lahan utk pembangunan Kampus UB di kediri, mendingan Pemkab ambil alih kesempatan ini untuk membangun kampus UB Kediri dilokasi lahan yg sebelumnya untuk bandara. Multiplier effect ekonomi pembangunan kampus ini sangat luar biasa selain membantu mencerdaskan masyarkat Kediri dan sekitarnya…
    Semangat Kab Kediri

  94. payah dolly kok di tutup

    • wahh… sampeyan pelanggan setiane dolly yoo..?? hahaha.. pantes sampeyan koment akeh mesone.. :D

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim