Ewindo dan Pemerintah Belanda Bantu Petani

ilustrasi:kompas.com

Produsen benih hortikultura, PT East West Seed Indonesia (Ewindo), menggandeng Pemerintah Belanda memberi bantuan kepada 400 petani produksi cabai dan tomat di Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur. Bantuan bernilai Rp 14,35 miliar itu antara lain berupa payung besar dan waring sebagai pelindung tanaman.

“Alat ini diharapkan dapat berfungsi menyesuaikan iklim yang dibutuhkan tanaman agar bisa berproduksi meski terjadi anomali,” kata Direktur PT Ewindo Glenn Pardede, di Jember.

Masalah yang dihadapi petani, kata Glenn, langsung berdampak pada petani konsumsi. “Untuk mengatasi perubahan iklim yang ekstrem, kami harus melakukan inovasi. Kita tidak bisa tergantung pada data-data cuaca yang ada,” katanya.

Menurut dia, petani harus diperjuangkan supaya bisa berproduksi. Untuk itu, diperlukan shelter dan nethouse sehingga hujan sederas apa pun bisa diatasi.

Petani tomat mendapat payung dan petani cabai mendapat waring. Menurut Gleen, bantuan perusahaan bersama Pemerintah Belanda ini belajar dari pengalaman dua tahun lalu. Pada saat terjadi anomali iklim, curah hujan sangat tinggi sehingga polinasi sering gagal dan tanaman untuk produksi benih tidak berbuah. Akibatnya, petani rugi dan perusahaan juga ikut merugi.

“Atas dasar pengalaman itu, kami mengajukan proposal kepada Pemerintah Belanda dan disetujui melalui program Private Sector Investment (PSI). Pemerintah Belanda menyetujui dengan memberi 50 persen dari Rp 14,35 miliar, kami juga 50 persen,” paparnya.

Sutriono, ketua kelompok tani cabai di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, tercatat sebagai penerima bantuan program PSI. Sejak tahun lalu, kelompoknya yang beranggota 60 orang telah memakai waring untuk menyesuaikan kebutuhan iklim pada tanaman.

“Hasilnya sangat menggembirakan. Sebanyak 1.000 tanaman cabai mampu memproduksi benih 25-50 kilogram. Benih cabai dibeli perusahaan seharga Rp 624.000 per kg. Satu musim bisa memberi hasil Rp 15,6 juta-Rp 31,2 juta,” tuturnya.

PT Ewindo bekerja sama dengan 7.000 petani yang memproduksi berbagai jenis sayuran. Produksi perusahaan ini melayani sekitar 10 juta konsumen atau petani konsumsi. kompas.com

Komentar Pembaca

  1. maaf saya mau menawarkan lahan tanah bwt prshaan ini jika minat please contact me

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim