Mendag Resmikan Pasar Percontohan di Pacitan

ilustrasi: antara.com

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Pacitan, Jawa Timur, meresmikan Pasar Minulyo, salah satu dari 10 Pasar Percontohan yang dibangun pemerintah dalam program pembangunan/revitalisasi pasar tradisional 2011.

Dalam pembangunannya, Pasar Minulyo mendapatkan alokasi dana dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp4 miliar pada 2009, dan ditambah Rp4 miliar lagi pada 2011.

Dengan tambahan dana dari APBN 2011 sebesar Rp4 miliar, Pasar Minulyo sekarang sudah dilengkapi area kuliner serta kios-kios baru yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang pamer (show room).

Pasar Minulyo ini sangat strategis karena menjadi pilar penyangga ekonomi 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan, kata Mendag sebelum meresmikan pasar hasil relokasi Pasar Baleharjo yang terbakar pada 2007 lalu itu.

Menurut Gita Wirjawan, membangun konektivitas bukan hanya membangun infrastruktur seperti jalan, jalan rel, dan lain-lain, tetapi juga bagaimana mempertemukan pembeli dan penjual.

Revitalisasi dan pembangunan Pasar Percontohan bukan hanya mencakup perbaikan secara fisik, namun juga perbaikan pengelolaan dan pemberdayaan pedagang.

Dalam program pembinaan ini, Kementerian Perdagangan memfasilitasi pelaksanaan pos ukur ulang dalam upaya meningkatkan tertib ukur untuk melindungi konsumen.

Kemendag memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola serta pedagang dalam mengelola pasar.

“Kami juga membentuk tim khusus yang memberi masukan, rekomendasi, dan pendampingan, misalnya dalam hal mendesain pasar yang cocok dengan lokasi, adat, budaya, penghasilan, dan kekhasan daerah tersebut,” kata Gita.

Area kuliner di Pasar Minulyo dibangun untuk menampung pedagang kaki lima yang sebelumnya berjualan di alun-alun kota Pacitan.

“Ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada UMKM, dan juga upaya penataan ruang dan wilayah agar lebih rapi dan teratur,” tambah Mendag.

Pasar Minulyo dibangun di atas lahan seluas 21.769 M2, terbagi dalam enam blok dengan jumlah kios 242 unit, kemudian 20 los, dan 450 telasaran.

Pasar Minulyo Pacitan merupakan Pasar Percontohan kelima yang telah diresmikan, dari 10 Pasar Percontohan yang dibangun dalam 2011.

Pada 2011, selain membangun 10 Pasar Percontohan, Kementerian Perdagangan juga merevitalisasi pasar tradisional di 75 kabupaten/kota.
antara.com

Komentar Pembaca

  1. Mohon info nomer telpon pasar minulyo atau nomor hp yg bisa kami hubungi sbg contakperson terimakasih

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim