Penyaluran KUR Capai Rp 9 Triliun

ilustrasi: mediaindonesia.com

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jatim yang naik 140% selama tahun 2011, menempatkan provinsi ini sebagai penyalur KUR terbesar di Indonesia. Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengatakan, kinerja KUR di Jatim mencatatkan angka yang cukup menggembirakan. Selama tahun 2011 KUR di Jatim tumbuh 140% dari tahun sebelumnya.
Tercatat, selama tahun 2011 penyaluran kredit kerakyatan ini mencapai Rp9 triliun dengan sekitar 1 juta nasabah. “Penyaluran KUR di Jatim cukup menggembirakan. Artinya apa yang diharapkan Pemprov Jatim selama ini cukup berhasil,” katanya di sela acara pembukaan Rapat Koordinasi Pelaksanaan KUR dan Perluasan Pelaksanaan KUR di Jatim, di Hotel Elmi Surabaya, Rabu (28/3).

Wakil Gubernur yang akrab disapa Gus Ipul ini menambahkan, KUR yang dicanangkan presiden sejak 5 November 2007 lalu, memberikan dampak signifikan dalam mendorong pertumbuhan UMKM-K di daerah maupun nasional utamanya di Jawa timur.

Menurutnya, KUR mempunyai peran strategis dalam aspek pembiayaan sebagai modal kerja dan investasi, yaitu dengan memberikan dukungan fasilitas penjaminan pada UMKM-K yang feasible tapi belum bankable. Sehingga pertumbuhan UMKM dapat terus berkembang dan tumbuh semakin luas sesuai permintaan pasar.

Mengacu pada data Bank Indonesia, Gus Ipul menyebutkan dana pihak ketiga yang ada di perbankan pada tahun 2011 sekitar Rp 193 trilliun, sedangkan sampai dengan akhir Januari 2012 dana yang sama sudah mencapai Rp 215 trilliun.

“Ini berarti ada peningkatan sebesar 11,3 %, ini semua karena keikutsertaan pihak perbankan yang mau mengucurkan dananya sebagai pinjaman kredit kepada UMKM-K se Jatim yang sangat membutuhkan modal,”imbuhnya.

Oleh karena itu, Gus Ipul mengharapkan agar perbankan milik swasta dan milik pemerintah bersinergi dalam mendorong tumbuhnya sektor UMKM-K. “Tujuannya untuk membahas bagaimana dana pihak ketiga bisa berputar di masyarakat yang membutuhkan modal dari perbankan,”katanya. surabayapost.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim