Sabtu, 25 Oktober 2014

Waspadai… Aktivitas Gunung Semeru Meningkat

ilustras: suhendri-indonesiacantik.blogspot.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur menanggapi serius peningkatan status aktivitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, dari waspada menjadi siaga dengan membentuk komando skenario evakuasi warga.

Selain itu BPBD juga menyiagakan petugas tanggap darurat bencana agar segera mendirikan posko di dekat pos pemantau gunung api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Semeru di Gunung Sawur, Lumajang.

“Pendirian posko ini untuk mengantisipasi terjadinya bencana gunung meletus,” tegas Kepala BPBD Jatim Sudarmawan ditemui Media Indonesia di Pasuruan.

Ia menjelaskan dasar pertimbangan peningkatan status siaga pada gunung tertinggi di Jawa setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini diantaranya beberapa kali meluncurkan guguran lava pijar sejauh 500 meter sampai dengan 700 meter dari puncak kawah.

Untuk itu BPBD segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam membentuk komando tanggap darurat bencana. Hal itu dilakukan untuk menyiapkan semua yang diperlukan sekaligus mematangkan skenario evakuasi saat terjadi bencana gunung meletus.

Ia menegaskan meskipun secara umum kesiapsiagaan petugas sudah dilakukan dalam mengantisipasi bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung, namun peningkatan status siaga Gunung Semeru ini patut mendapatkan perhatian serius.

“Harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan petugas disiagakan untuk berjaga 24 jam,” ujarnya. MICOM

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2014. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim