Waktu bagi Madura untuk Keluar dari Daerah Tertinggal

ilustrasi

Tiga kabupaten di Madura, yakni Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan, sampai tahun ini masih belum naik statusnya dari daerah tertinggal. Itu dilihat dari tiga aspek berupa ketersediaan pangan, pelayanan kesehatan dan akses pendidikan.

Tiga aspek tersebut berdasarkan kriteria dari Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), masih belum bisa terpenuhi dengan baik. Helmy Faisal Zaini, Menteri PDT, saat di Pamekasan mengatakan, butuh kerja keras untuk tiga Kabupaten di Madura agar bisa keluar dari status daerah tertinggal. Yang paling memungkinkan untuk melakukan percepatan pembangunan adalah Kabupaten Pamekasan.

“Kabupaten Pamekasan sudah banyak melakukan akselerasi pembangunan. Terutama di bidang pendidikan dan bidang kesehatan,” ungkap Helmy. Saat ini masih ada 77 desa yang masuk desa tertinggal dari 189 desa dan kelurahan yang ada.

Sementara untuk Kabupaten Bangkalan, sudah bisa melakukan percepatan di semua sektor. Sebab Kabupaten yang berada di ujung barat pulau Madura ini, diuntungkan dengan Jembatan Suramdu, yang memudahkan akses masuknya segala kebutuhan masyarakat dari luar Madura.

“Bangkalan saat ini sudah tersambung dekat dengan pusat perekonomian di Jawa Timur dan berpotensi untuk terus mengembangkan pembangunan,” ujarnya. Kondisi yang paling memprihatinkan yakni Kabupaten Sampang.

Di Kabupaten ini kata Helmy, angka kemiskinannya masih sangat tinggi dan akses pendidikan, pelayanan kesehatan serta penyediaan pangan, masih sangat terbatas. Bahkan banyak infrastruktur sekolah, jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan. “kita akan dorong Kabupaten Sampang dengan beberapa program percepatan agar bisa lebih baik lagi pembangunannya,” tambahnya.

Di Sampang sendiri, masih seratus lebih desa yang berada di bawah kategori desa tertinggal. Dengan kondisi demikian, setidaknya tiga kabupten di Madura, masih membutuhkan tiga sampai empat tahun lagi untuk keluar dari statusnya sebagai daerah tertinggal.

“Saya bersama kementrian yang lain akan melakukan beberapa intervensi pembangunan, agar Madura bisa menjadi kabupaten yang maju terutama paska beroperasinya Jembatan Suramadu,” ucapnya. Sementara Kabupaten Sumenep yang merupakan ujung timur Kabupaten di Pulau Madura, sudah keluar dari status daerah tertinggal pada tahun 2010 lalu. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim