Renovasi 100 Ribu RTLH Ditarget Tuntas 2013

Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo saat Pencanangan Kegiatan Bhakti TNI Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kerja Sama Pemprov Jatim dengan Kodam V/Brawijaya di Dusun Kedungdowo, Desa Wonogondo, Kecamatan Kebon Agung, Kabupaten Pacitan, Senin (6/2).

Pemprov Jatim bekerja sama dengan Kodam V/Brawijaya melakukan renovasi 100 ribu rumah tidak layak huni (RTLH). Renovasi  ini yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2013.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo saat Pencanangan Kegiatan Bhakti TNI Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahap VII di Wilayah Jawa Timur Kerja Sama Pemprov Jatim dengan Kodam V/Brawijaya Tahun 2012 di Dusun Kedungdowo, Desa Wonogondo, Kecamatan Kebon Agung, Kabupaten Pacitan, Senin (6/2).

Ia mengatakan, jumlah RTLH di Jawa Timur mencapai 324.000 unit yang tersebar di 38 kabupaten/kota. Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya memiliki program untuk melakukan perbaikan RTLH sebanyak 100 ribu unit dan diharapkan dapat selesai pada tahun 2013. Sedangkan renovasi pada 1/3 bagian dari 324 ribu unit RTLH tersebut dilakukan oleh kabupaten/kota.

Saat ini realisasi pelaksanaan RTLH di Jatim sejak tahun 2009 sampai 2011 mencapai 50.000 unit RTLH dengan total anggaran Rp. 250 miliar. Kegiatan Bhakti TNI Renovasi RTLH Tahap VII Tahun 2012, akan melakukan renovasi 10.000 unit RTLH di 10 kabupaten dan 2 kota. Prosesnya dilaksanakan mulai bulan Pebruari 2012 hingga bulan Juni 2012. Berikutnya akan direnovasi sebanyak 10.000 unit RTLH dari bulan Juli 2012 hingga akhir 2012. Sehingga total renovasi RTLH pada tahun 2012 sebanyak 20.000 unit.

Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim itu mengatakan, renovasi RTLH merupakan salah satu upaya Pemprov Jatim untuk mengentas masyarakat miskin dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan representasi suasana guyub rukun antara TNI, masyarakat, pengusaha, dan pemerintah daerah.

Pakde Karwo mengharapkan agar dengan dicanangkannya Kegiatan Bhakti TNI untuk pelaksanaan program Renovasi RTLH Tahun VII Tahun 2012 ini, pembangunan perumahan dan pemukiman akan semakin memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito mengatakan, untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Jatim, Pemprov Jatim bekerja sama dengan Kodam V/Brawijaya membuat program kegiatan bhakti renovasi RTLH. “Ini merupakan suatu wadah atau program yang diprakarsai oleh Gubernur Jatim. Untuk itu kami mendukung melaksanakan program tersebut dengan kegiatan bhakti ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, renovasi RTLH Tahap VII Tahun 2012 ini akan dilakukan di Trenggalek, Pacitan, Tulugangung, Ponorogo, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Kab. Madiun, Kota Madiun, Kab. Pasuruan, dan Kota Pasuruan.

Kegiatan ini juga mampu mengangkat derajat masyarakat miskin, menumbuhkan kehidupan ekonomi masyarakat, serta dapat membangkitkan kepedulian sosial, rasa kebersamaan dan semangat gotong royong di kalangan masyarakat.

Sebelum menuju lokasi pencanangan, Gubernur beserta rombongan yang terdiri dari Pangdam V/Brawijaya dan jajarannya, Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, Forpimda Jatim dan Kabupaten Pacitan mengunjungi salah satu rumah warga yang ikut direnovasi di RT 02 RW 02 Lingkungan Krajan, Kelurahan Pacitan, Kab. Pacitan.

Seusai acara, Gubernur melakukan penanaman pohon bersama Pangdam V/Brawijaya dan Bupati Pacitan, serta meletakkan batu pertama renovasi RTLH Tahap VII Tahun 2012. (ist)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim