23.000 Karung Pasir Didistribusikan ke Daerah Rawan Banjir

ilustrasi:kompas.com

Sebanyak 23.000 karung pasir telah didistribusikan ke daerah rawan banjir di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik masih memiliki persediaan 30.000 karung pasir.

Kepala BPBD Gresik, Hari Sucipto, Kamis (26/1/2012), menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan perahu karet, alat berat, bantuan sembako, dan dapur umum. Selain itu ada posko di setiap kecamatan, untuk kesiapsiagaan dan memudahkan koordinasi jika terjadi bencana.

“Kami mendapatkan bantuan alat-alat logistik dan peralatan dapur umum lengkap dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Pada Kamis sore dilaporkan angin kencang menerjang wilayah Dalean, Kecamatan Cerme. Akibatnya genting rumah warga berhamburan, meskipun tidak ada yang roboh.

Sementara pada Kamis siang diserahkan bantuan bahan pokok dan tambahan gizi kepada masyarakat di wilayah Balongpanggang, Cerme, Benjeng, dan Kedamean yang biasa diterjang banjir Kali Lamong.

Selain itu, digelar doa bersama dan istighatsah di Pendopo Kecamatan Cerme, agar warga terhindar dari bencana.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, menuturkan, beberapa hari terakhir hujan deras, angin kencang dan gelombang besar menerjang sejumlah wilayah.

Dia meminta camat mendata nelayan di wilayahnya yang terdampak cuaca buruk, sehingga tidak bisa melaut agar memudahkan pemberian bantuan sembako. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim