Jawa Timur Minta Bagi Hasil Cukai 10%

Ilustrasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur meminta agar Dana Bagi Hasil Cukai (DBHC) meningkat hingga 10 persen. Pasalnya, Jawa Timur sebagai kontributor cukai terbesar hanya mendapat dua persen. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

“Kami akan melakukan upaya agar DHBC untuk Jawa Timur meningkat hingga 10 persen pada 2012. Dasarnya adalah asas keadilan,” kata Wakil Ketua Komisi B (Bidang Perekonomian) DPRD Jatim Anna Lutfi usai seminar DBHC di Hotel Novotel, Jalan Raya Ngagel, Surabaya, Kamis (26/1/2012).

Dia menjelaskan, pada 2012 ini Jawa Timur mampu menghasilkan Rp40 triliun DBHC. Jumlah tersebut didapat dari produksi rokok yang mencapai 180 miliar batang. Sementara untuk skala nasional produksi rokok mencapai 220 miliar batang. Sedangkan industri kecil rokok di Jawa Timur saat ini mencapai 1.300 UKM. Dari jumlah itu, bisa menyerap tembakau sebesar 25 ribu ton per tahun.

“Jawa Timur sendiri produksi tembakau pada 2011 mencapai 110 ton per tahun. Sementara dalam skala nasional produksinya mencapai 160 ribu ton per tahun,” jelasnya.

“Tentunya Jawa Timur menjadi penyumbang terbanyak dan sangat tidak adil jika DBHC hanya dua persen,” tambahnya.

Politisi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) ini mengatakan pada 2011, DBHC yang masuk ke Jawa Timur sebesar Rp724 miliar. Dari Jumlah tersebut sebanyak Rp210 miliar masuk ke pemerintah Propinsi dan sisanya didistribusi ke Kabupatan/kota. Oleh karena itu, pihak DPRD Jatim bersama Pemprov meminta agar ada perubahan aturan tersebut. “Kami sudah berkomunkasi dengan Komisi IV DPR terkait hal itu,” ujarnya.

Dia juga menyayangkan penggunaan DBHC yang masih belum tepat sasaran. Seharusnya, DBHC banyak digunakan untuk pembinaan industri kecil dan peningkatan bahan baku. Namun yang terjadi lebih banyak digunakan untuk pembinaan lingkungan sosial.

“Untuk pembinaan sosial saja mencapai Rp160 miliar, sedangkan untuk industri hanya Rp29 miliar. Kebijakan itu masih salah dalam penekanan skala prioritas,” tukasnya. okezone.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim