4 Daerah Masih Masuk Zona Merah Pendidikan

ilustrasi: kompas.com

Empat daerah di Jawa Timur masih masuk dalam zona merah pendidikan. Keempat daerah itu adalah Probolinggo, Situbondo, Sampang, dan Sumenep. Dinas Pendidikan Jawa Timur menyatakan akan mendorong dan membantu peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Sebelumnya, ada delapan daerah di Jatim yang masuk dalam zona bahaya. Masuknya daera-daerah ini dalam “zona bahaya” terkait kondisi dan kualitas pendidikannya dalam menunjang indeks pembangunan manusia (IPM).

Selain masih banyaknya angka buta aksara, tingkat pendidikan di daerah-daerah tersebut juga kalah dibandingkan dengan daerah-daerah lain.

”Namun, alhamdulillah, pelan-pelan bisa kita entaskan mereka dari zona merah. Kini tinggal empat daerah penghuni zona merah,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun, Kamis (26/1/2012).

Keempat daerah yang mulai keluar dari zona merah adalah Jember, Situbondo, Pamekasan, dan Bangkalan. Dalam satu tahun terakhir, tingkat dan kualitas penduduk di empat wilayah ini kian membaik.

”Empat daerah itu kini berada di zona kuning. Salah satu penunjang pokok indeks pembangunan manusia adalah menyangkut pendidikan warga. Ini hasil yang patut disyukuri,” ujar Harun.

Harun mengungkapkan, kegiatan dinas difokuskan pada daerah-daerah zona merah dan kuning tersebut. Bantuan berupa sarana prasarana serta fasilitas pendidikan memadai diberikan. Dengan peningkatan IPM, diharapkan akan diikuti dengan perbaikan kesejahteraan.

”Kita bantu IT. Pada 2014 mendatang, semua daerah harus masuk zona hijau. Partisipasi pendidikan menjadi kunci utama. Semakin tinggi partisipasi pendidikan ini semakin baik IPM,” ungkap Harun.kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim