1,4 Triliun Untuk Pembangunan Jalan dan Jembatan Nasional di Jatim

ilustrasi: vivanews.com

Sepanjang tahun 2012, Provinsi Jawa Timur mendapat alokasi anggaran Rp1,4 triliun untuk kegiatan pembangunan, pemeliharaan dan peningkatan kualitas jalan dan jembatan nasional.

A.G Ismail Kepala Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) V Kementerian Pekerjaan Umum dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net mengatakan sepanjang tahun 2012 ini, pemerintah pusat menyiapkan 219 paket jalan dan jembatan yang tersebar di Jatim 75 paket, Jawa Tengah 116 paket, dan DI Yogjakarta 28 paket.

“Saat ini proses pelelangan sudah mencapai tahap anwijzing atau penjelasan pekerjaan dimana pengumuman pemenangan baru akan diketahui pada pertengahan Pebruari 2012,” kata dia.

Menurut Ismail, kegiatan lelang ini sengaja dilakukan lebih awal agar kondisi jalan segera baik dan lalu lintas kendaraan kembali lancar. Selain itu agar pengerjaan jalan bisa dilakukan sebelum puncak musim penghujan sehingga saat musim penghujan kondisi jalan sudah kembali baik.

Total anggaran yang dialokasikan di tahun 2012 untuk perbaikan maupun pembangun di tiga provinsi mencapai Rp 3,042 triliun dengan rincian, Jatim Rp 1,4 triliun, Jawa Tengah Rp 1,35 triliun dan D.I Yogyakarta Rp 249 milliar. “Dana tersebut sepenuhnya berasal dari APBN,” katanya.

Dari dana tersebut, sejumlah ruas yang menjadi penanganan prioritas. Di Jawa Timur diantaranya ruas Tuban-Bulu, Bojonegoro-Padangan-Ngawi, Glonggong-Pacitan, Gemekan-Jombang, Pacitan-Sidomulyo-Hadiwarno dan Pacitan-Panggul-Trenggalek. suarasurabaya.net

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim