Seabourn Legend Sandar di Surabaya

ilustrasi: detik.com

Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, disandari oleh kapal pesiar dari Bahama, Amerika Serikat, Seabourn Legend. Ini adalah kapal pesiar yang pertama kali sandar setelah kapal pesiar terakhir, Albatros yang tercatat singgah pada bulan April 2010.

Kapal yang mengangkut 290 wisatawan dari Amerika Serikat dan 164 kru tersebut tiba di Tanjung Perak pagi ini, Jumat (20/1/2012) sekitar pukul 06.00 WIB dan dijadwakan akan bertolak ke pelabuhan Celukan Bawang pada sore nanti sekitar pukul 15.00 WIB atau 16.00 WIB. Artinya, hanya sekitar sembilan jam saja kapal tersebut sandar di Surabaya.

Sebelumnya Seabourn Legend telah singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (18/1/2012). Kapal tersebut merupakan kapal pertama dari empat kapal pesiar yang dijadwalkan akan singgah di Pelabuhan Tanjung Perak selama tahun 2012 ini. Seabourn Legend memiliki panjang (LOA) 135 meter dan bobot (GT) 10.000 ton serta draft 6,6 meter.

General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, I Putu Ariawan mengatakan, sebenarnya kapal pesiar ini sempat dikabarkan ditunda datang pada Januari karena berbagai hal. Namun akhirnya kapal jadi sandar dengan membawa 290 turis yang akan berwisata di sekitar Surabaya.

“Dari 290 wisatawan tersebut, 210 orang mengikuti City Tour ke Kebun Binatang Surabaya, Joko Dolok, Pasar Bunga Kayoon, Monumen Kapal Selam dan ke museum rokok House of Sampoerna (HoS). Sisanya 80 wisatawan ikut tur ke Trowulan Mojokerto,” terang Putu.

Untuk menyambut mereka, Pelindo Cabang Tanjung Perak telah menyiapkan ruang pameran dan gerai yang dipergunakan oleh para perajin untuk menjual beragam jenis kerajinan.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum kedatangan kapal pesiar dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi wisata kepada wisatawan, mengingat beberapa tujuan wisata yang akan dikunjungi berada di wilayah Surabaya.kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim