Empat Kabupaten Paling Rawan Banjir

ilustrasi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bergerak cepat, mewaspadai ancaman banjir yang dimungkinkan menerjang wilayahnya. Siaga itu disiapkan untuk mengantisipasi ancaman banjir akibat terus meningginya debit air di Sungai Bengawan Solo dan intensitas hujan yang terus mengguyur.

Keempat kabupaten, yakni Tuban, Lamongan, Gresik dan Bojonegoro dinyatakan sebagai daerah siaga banjir.

Empat kabupaten itu merupakan daerah yang paling rawan banjir di Jatim. Kabupaten Tuban, Lamongan dan Gresik dinyatakan siaga satu. Sedangkan Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sebagai daerah siaga dua. “Saya minta empat daerah itu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir. Masyarakat harus mentaati instuksi yang diberikan masing-masing kabupaten,” kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf.

Pemprov Jatim, lanjut Gus Ipul, panggilan akrabnya, sudah melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap ancaman banjir. Diantaranya, mendukung pendirian Posko di empat kabupaten/kota itu.

Disebutkan, bantuan dana yang dikeluarkan membuat Posko beragam, antara Rp150 juta hingga Rp300 juta. Selain pendirian Posko banjir, lanjutnya, Pemprov Jatim menyiapkan bahan makanan untuk warga. Termasuk menyiagakan tim kesehatan dan penanggulangan bencana.

“Saya minta masyarakat ikut terlibat dalam menanggulangi banjir agar tidak terjadi korban seperti tahun lalu,” pintanya.

Jika memang terjadi banjir, Pemprov Jatim juga akan memberikan mengganti bibit kepada petani yang sawahnya terendam. Dan, untuk hewan ternak, akan dilakukan peninjauan untuk dipertimbangkan pemberian ganti. “Itu, kalau membuat warga miskin akan kami bantu. Semuanya sudah kami identifikasi,” tegasnya.

Untuk teknis, Pemprov Jatim juga sudah melakukan beberapa langkah penanggulangan. Dengan pembuatan kanal, bendungan dan pompa air.
• VIVAnews

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim