Rumah Sakit Daerah II Pamekasan Gagal Dibangun

ilustrasi: reportase.com

Pembangunan rumah sakit daerah (RSD) II Pamekasan, Madura, Jawa Timur, gagal dibangun pada 2012. Izin operasional rumah sakit itu tak disetujui pusat.

“Lahan yang akan ditempati rumah sakit itu tidak memenuhi standar. Ini yang menyebabkan pemerintah pusat tidak bersedia mengeluarkan izin operasional,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ismail Bey di Pamekasan.

Semula RSD II Pamekasan ini akan ditempatkan di lokasi Puskesmas Waru Pamekasan, sesuai hasil musyawarah internal Pemkab dan DPRD Pamekasan. Tapi, menurut Ismail, karena lahannya tak memadai, pembangunan rumah sakit digagalkan.

“Kami masih mencari lahan lain yang lebih representatif untuk lokasi pembangunan rumah sakit Waru ini,” terang Ismail.

RSD II akan dibangun di Kecamatan Waru karena jarak wilayah itu sangat jauh dari Kota Pamekasan. Jadi kalau ada pasien yang perlu dirujuk ke rumah sakit, butuh waktu lama. Bisa lebih dari dua jam.

Selain pertimbangan jarak, yang menjadi motifasi pemkab membangun rumah sakit di wilayah ini, karena pemkab berencana menjadikan wilayah Kecamatan Waru sebagai pusat pengembangan ekonomi di wilayah pantai utara Pamekasan.

Sebelumnya Bupati Pamekasan Kholilurrahman mengatakan, Pemkab telah mengalokasikan dana sebesar Rp2 miliar lebih khusus untuk pembangunan RSD baru. Pemkab juga telah meminta dukungan dana dari pemerintah pusat untuk membangun RSD itu, yakni dari dana bagi hasil cukai tembakau. metronews.com

Komentar Pembaca

  1. Lobi Gagal / Pelobi “Bodoh” / Keuntungan yg didahulukan x .

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim