Jawa Timur Minta Jadi Tuan Rumah Asian Games

ilustrasi: indonesiaproud.wordpress.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirim surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan permohonan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2019. “Surat sudah dikirimkan tadi pagi. Tembusannya disampaikan ke Menpora, KONI Pusat, dan KOI,” kata Sekretaris Daerah Jawa Timur Rasiyo.

Menurut Rasiyo, Jawa Timur layak menyelenggarakan event olah raga berskala internasional karena telah memiliki fasilitas yang memadai. Keinginan untuk menjadi tuan rumah Asian Games juga akan disampaikan langsung Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada Presiden SBY saat melakukan kunjungan kerja ke Malang 11 Januari 2012 mendatang.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Sugeng Riyono menjelaskan Jawa Timur saat ini memiliki 28 gelanggang olahraga berstandar internasional. Untuk memenuhi persyaratan sebagai fasilitas penyelenggaraan Asian Games perlu dilakukan pembenahan.

Selain di Surabaya, pertandingan juga bisa dilakukan di Sidoarjo yang pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON. Itu sebabnya Sugeng optmistis keinginan Jawa Timur menjadi penyelenggaran Asian Games bisa disetujui. Stabilitas politik dan kondisi perekonomian juga mendukung keinginan tersebut.

Sugeng juga menjelaskan pemerintah pusat juga sedang melobi Olympic Council of Asia (OCA) agar Jawa Timur bisa menjadi tuan rumah Asian Games. Jika terlaksana, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang siap menjalankan perhelatan multievent olah raga yang diikuti negara-negara Asia. “Fasilitas Palembang sebagai penyelenggaran SEA Games belum selengkap yang dimiliki Jawa Timur. Sedangkan Jakarta terkendala arus lalu lintas yang macet,” ujar Sugeng.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim