Belum Bersertifikat, 70 Persen Guru PAUD Tidak Layak Mengajar

ilustrasi: kouzinet.blogspot.com

47.805 Atau sekitar 70 persen guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Jawa Timur belum bersertifikat. Mereka pun dianggap tidak layak untuk mengajar.

“Karena mereka tidak tersertifikasi maka dipastikan para guru PAUD yang belum bersertifikat tidak akan mendapat pengakuan dan tunjangan dari pemerintah,” kata M Nashor kepada wartawan.

Menurutnya, belum tersertifikasinya guru PAUD disebabkan belum adanya aturan yang memperbolehkan mengikuti program sertifikasi. Lain halnya dengan guru tingkat SD hingga SMA yang saat ini telah melewati proses pendaftaran sertifikasi.

“Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Karena memang, regulasi tentang penerapan sertifikasi bagi guru PAUD belum ada,” tutur Kepala Bidang formal dan Non formal Dinas Pendidikan (Disdik) Jatim.

Dari jumlah 47.805 guru PAUD yang belum bersertifikat, data Disdik Jatim menyebutkan jika sebanyak 337 orang lulusan SD, SMP/sederajat ada 3.704 orang, 28.135 lulusan SMA/sederajat dan lulusan serjana sebanyak 15.669 orang.

Nashor menjelaskan jika dalam UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen menitikberatkan program sertifikasi hanya berlaku untuk guru tingkat TK hingga SMA.

“Sedangkan guru PAUD tidak termasuk dan tidak tertuang dalam undang-undang tersebut,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya saat ini akan berusaha melakukan pembenahan kualitas pendidikan ditingkat formal maupun non formal yang didalamnya termasuk para guru PAUD.

“Guru PAUD akan kita beri pelatihan secara berkala sambil menunggu perubahan aturan yang dilakukan oleh pemerintah,” pungkasnya. detiksurabaya.com

2 Komentar Pembaca

  1. Semoga mata hati kita SEMUA yang berkaitan Anak Usia Dini, memperhatikan nasib ” Pewarna ” generasi 25 tahun wajah indonesia ke depannya. Semua akan mendapat balasan atas apa yang telah diperbuatnya ” Ikhlas, terus berjuang demi Anak Indonesia”

  2. Semoga mata hati kita SEMUA yang berkaitan Anak Usia Dini TERBUKA, TERUSs.IKHLAS .BERJUANG, BERKORBAN, mardhotillah BAROKAH jadikan tujuan

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim