Jumat, 31 Maret 2017

Bojonegoro Siaga Satu Banjir Bengawan Solo

ilustrasi: matanews.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan siaga satu banjir di Bojonegoro, menyusul terus meningkatnya debit air Bengawan Solo di wilayah tersebut beberapa hari terakhir ini.

“Sekarang sudah siaga satu. Air Bengawan Solo sudah di atas normal,” kata Gubernur Jawa timur (Jatim) Soekarwo di Surabaya.

Karena kondisinya siaga satu, Gubernur menginstruksikan agar empat pintu air di sepanjang Bengawan Solo yang melintas di Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan dibuka untuk mengatasi luberan air Bengawan Solo yang mengalir dari Jawa Tengah. “Empat pintu air yang ada di Bojonegoro dan Lamongan saya minta dibuka agar bisa mengurangi luberan air yang ada di Bojonegoro,” katanya.

Cara tersebut oleh Gubernur dinilai sangat efektif karena hingga kini belum terdengar Bojonegoro terkena banjir. Padahal di Kabupaten Klaten dan Kota Solo sudah banjir. Artinya, empat pintu air yang dibuka sangat efektif mengurangi debit air yang terus mengalir ke Bojonegoro, Lamongan, dan Gresik.

Bahkan, ujarnya, bila air terus naik, ia akan melakukan pengerukan di sudetan Plangwot-Sedayulawas. “Sudetan ini sudah terbukti efektif mengurangi air dari Bengawan Solo,” katany

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim