Selasa, 28 Maret 2017

Bunga Tinggi Masih Hambat Ekspansi UKM

ilustrasi

Forum Daerah (Forda) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Jawa Timur menilai tingginya bunga kredit perbankan masih menjadi salah satu penghambat penetrasi bisnis UKM.

Ketua Forda UKM Jatim, Nur Cahyudi mengatakan, saat ini perbankan tidak memberikan keuntungan lebih pada industri skala UKM. “Kita ini tidak dianakemaskan oleh perbankan, bunga kredit masih tinggi. Jika bunga kredit tidak disesuaikan, maka kami khawatir akan bisa mengganggu perkembangan UKM secara keseluruhan,” ujarnya saat dihubungi kabarbisnis.com.

Ia mengatakan, bunga kredit untuk UKM saat ini masih berkisar 12%-14%, untuk skala kecil bahkan rata-rata mencapai diatas 20%. Karenanya Nur Cahyudi meminta pemerintah mau memberikan dukungan untuk sektor ini terutama dengan melakukan intervensi fiskal dan moneter. “Termasuk membatasi produk impor,” tandasnya.

Mengenai kelesuan pasar internasional di tengah krisis ekonomi di Eropa, Nur Cahyudi mendorong pelaku UKM untuk serius menggarap pasar domestik. Ia juga memperkirakan akan ada perumbuhan tipis untuk bisnis UKM tahun 2012 ini. “Kami perkirakan akan ada kenaikan antara 8 sampai 10 persen untuk UKM pada tahun 2012, khususnya produk konsumsi seperti makanan dan minuman,” ujarnya. kababisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim