Wagub Jatim Bekali Mahasiswa Baru Tentang Bahaya Narkoba

Ilustrasi

Hadirkan prestasi dan kemampuan kepada keluarga sekaligus bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan menjauhi narkoba. Narkoba adalah ancaman besar bagi para generasi muda atau mahasiswa saat ini, karena dampaknya bisa merusak moral bangsa dan mahasiswa berprestasi pasti akan menjauhi pemakaian obat-obatan terlarang.

Pesan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat menghadiri acara penutupan mahasiswa baru Student Day tahun akademik 2011/2012 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Aula DOME UMM, malang sabtu (31/12).

Wagub Jatim mengatakan, kampus UMM harus membantu tugas dari Pemprov Jatim dalam menanggulangi bahaya narkoba, khususnya kepada generasi penerus bangsa agar memiliki semangat serta prestasi yang bisa dibanggakan tanpa mengkonsumsi narkoba. Bahaya narkoba saat ini menjadi perhatian yang sangat serius, dimana setiap tahun penggunanya meningkat dan korbanya sebagian besar adalah anak-anak muda.

“Saya meminta kepada para mahasiswa UMM untuk bersama Pemprov Jatim dalam memerangi dan memberantas narkoba yang saat ini keberadaanya semakin mengkhawatirkan di tengah-tengah masyarakat,” pintanya.

Menurut Wagub, mahasiswa baru UMM harus mensyukuri kesempatan belajar di perguruan tinggi, karena diluar sana masih banyak masyarakat atau remaja yang belum mendapatkan kesempatan belajar untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa UMM harus memiliki motivasi dan cita-cita yang tinggi dengan belajar yang tekun, agar bisa mencapai pendidikan yang lebih tinggi sehingga berguna bagi bangsa dan negara.

“Usahakan Kuliah tepat waktu dengan membawa keterampilan dan ilmu yang memadai sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekaligus segera mendapatkan kesempatan bekerja dan tidak menyusahkan orang tua,” Ungkapnya.

Gus Ipul sapaan Wagub Jatim ini menegaskan, peran mahasiswa begitu besar. Banyak dari policy atau kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh Stakeholder atau pemerintah melibatkan pemikiran atau ide-ide serta gagasan yang segar dari mahasiswa.

Ia berpesan kepada para mahasiswa baru agar mencari ilmu dengan sungguh-sungguh, serta lebih mengembangkan gagasan-gagasan intelektualnya serta menerapkanya secara cukup. Tugas dari mahasiswa yaitu harus mampu memberikan sumbangsih yang besar dengan bertindak langsung terhadap perasalahan yang menyangkut kepentingan masyarakat luas. Ke depan, mahasiswa UMM harus memiliki karakter yang cerdas dalam menciptakan ide atau gagasan baru yang bisa berkontribusi besar bagi pembangunan di Jawa Timur.

“Kita tutup tahun 2011 ini dengan gagasan atau ide-ide yang keberadaanya telah dirasakan oleh masyarakat dan kita sambut tahun 2012 dengan menciptakan lebih banyak ide-ide kreatif serta inovatif yang bisa berguna bagi kesejahteraan masyarakat Jatim,”pungkasnya.

Kegiatan Student Day diikuti sebanyak 6100 peserta dari 10 fakultas dan 43 jurusan. Student Day merupakan kegiatan mahasiswa UMM yang wajib diikuti oleh para mahasiswa baru, sekaligus sebagai syarat kelulusan sebelum menempuh wisuda.

Tujuan diadakanya Student Day ini adalah untuk mengenalkan dunia kampus secara mendalam. Pengenalan dunia kampus diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru agar lebih mempermudah beradaptasi dengan kehidupan dan pergaulan di kampus serta memperluas jaringan dan menumbuhkembangkan keakraban antar jurusan atau fakultas dengan berkompetisi dalam berprestasi.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim