Kadin:Nomorsatukan Sektor Pertanian

beraskita.com

Kadin Jawa Timur menilai, estimasi pertumbuhan ekonomi Jatim sebesar 7,3 persen pada 2011 adalah angka semu, karena dukungan sektor pertanian terhadap laju perekonomian, minim.

“Tahun 2012, strategi perekonomian Jatim harus diubah menjadi menomorsatukan sektor pertanian sebagai fokus ekonomi di wilayah ini,” kata Wakil Ketua Kadin Jatim, Dedy Suhajadi, ditemui di Surabaya.

Menurutnya, selama 2011, perekonomian Jatim didominasi oleh sektor perdagangan, hotel, dan restoran. Lalu, peringkat kedua disumbang oleh sektor perindustrian.

“Sementara, sektor pertanian menempati peringkat ketiga terhadap perekonomian Jatim tahun ini,” ujarnya.

Idealnya, ungkap dia, Jawa Timur dengan area lahan pertanian yang sangat luas bisa mempertahankan predikat sebagai lumbung pangan nasional.

“Jangan senang dulu dengan pertumbuhan ekonomi 7,3 persen pada tahun ini karena sumbangan sektor pertanian belum mendominasi,” tegasnya.

Akibatnya, kata dia, saat ini masyarakat di daerah pedesaan tidak senang bekerja di sektor pertanian melainkan lebih berminat bekerja di pabrik.

“Untuk meningkatkan animo masyarakat tetap bekerja di sektor pertanian, pemerintah perlu menggerakkan perekonomiannya dengan meminta perbankan menekan bunga bank serendah mungkin terutama terhadap sektor pertanian,” katanya.

Ada baiknya, lanjut dia, pemerintah juga mengimbau perbankan lebih memfokuskan orientasi usahanya kepada kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) meskipun mereka menilai pengusaha kecil belum “bankable”.

“Kalau perbankan tidak bisa memberikan pelatihan neraca perdagangan UKM supaya `bankable`, Kadin Jatim siap memberikan pelatihan tersebut sehingga sektor riil di provinsi ini tumbuh dengan baik ke depan,” katanya. gatra.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim