Penambang Belerang Kawah Ijen Akan Diberi Santunan

ilustrasi: tempo.com

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan santunan kepada seluruh penambang batu belerang di Gunung Ijen. “Masih kami hitung berapa jumlah dana dan jumlah penambang. Bupati Banyuwangi sudah kami kontak untuk bersama-sama menyediakan dananya,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

Menurut Gus Ipul–panggilan Saifullah–bantuan berupa santunan perlu diberikan. Sebab, mereka tidak bisa lagi bekerja sejak status Gunung Ijen ditingkatkan dari normal menjadi waspada, bahkan saat ini menjadi siaga atau level III. Akibatnya, kawasan pada radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Ijen disterilkan dari seluruh aktivitas, termasuk penambangan batu belerang.

Gus Ipul menjelaskan bantuan yang akan diberikan di antaranya uang saku pengganti upah akibat mereka tidak bisa kerja. Selain itu juga diberikan bantuan makanan. “Ada dana Rp 80 miliar di pos bencana. Sebagian dari dana itulah yang akan kami gunakan,” ujarnya.

Pemerintah juga telah berkoordinasi dengan PT Candi Ngrimbi, perusahaan pengelola penambangan belerang di Gunung Ijen. Pihak perusahaan harus mempertegas larangan bagi seluruh karyawannya agar tidak melakukan aktivitas penambangan. tempo.com

Komentar Pembaca

  1. assalamualaikum.wr.wb
    Terimakasih banyak saya sampaikan kepada bapak gubernur dan wakil gubernur jawa timur yang telah memandang waraganya dengan penuh perhatian ayang sangat, alangkah senangnya kami “rakyat” jawatimur apabila ada gagasan seperti yang diutarakan namun ada sedikit pandangan dari “kami” apabila ingin melaksanakan bantuan yan seperti direncanakan tolong dikondisikan betul-betul ditakutakan adanya penambang jadi-jadian yang itu bisa merugikan “arakyat negara” dan tidak hanya akabuapaten banyuwangi namun kabupaten jember, kabupaten bondowoso, kabupaten situbondo yang sanat berdampingan dan merasakan dampaknya juga diperhatikan.
    wassalamualaikum.wr.wb

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim