Alasan Kemanusiaan, Pemkab Trenggalek Tolong Manusia Perahu

ilustrasi: kompas.com

Pemerintah Kabupaten Trenggalek membuka posko pertolongan di Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, untuk memberikan pertolongan kepada 33 warga asing berstatus imigran gelap, yang kapalnya pecah di perairan lepas pantai Trenggalek dan ditolong nelayan Pantai Prigi, Trenggalek. Tim Search and Rescue Trenggalek bergabung dengan Badan SAR Nasional untuk mencari korban lainnya yang diberitakan jumlahnya puluhan hingga ratusan orang.

Yoso Mihadi dari Humas Pemkab Trenggalek menjelaskan di Trenggalek, Minggu (18/12/2011), Bupati Trenggalek Mulyadi bersama petinggi kepolisian dan militer setempat langsung memeriksa ke Prigi begitu memperoleh laporan perihal pertolongan terhadap imigran asing itu.

Sekitar pukul 16.00, nelayan menemukan orang-orang asing ini terapung, lalu diangkat dan dibantu untuk mendapatkan pertolongan di Pantai Prigi. “Sejauh informasi yang didapat, mereka hendak ke Australia, berangkat dari Jakarta. Tapi, persisnya bagaimana kami belum mendapat keterangan lebih terperinci,” katanya.

Lantaran alasan kemanusiaan, para korban yang jumlahnya 33 orang saat ini ditampung di Aula Pelabuhan Perikanan Pantai Prigi. Satu orang yang sakit dirawat di Puskesmas Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Namun, satu orang lagi yang kondisinya lebih buruk dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara, Tulungagung.

Tim Search and Rescue (SAR) Nasional saat ini diberitakan terus menyisir sekitar pantai untuk mencari korban lain. Adapun yang selamat kini diberi tempat penampungan di aula. Makanan dan pakaian dibantu oleh Pemkab Trenggalek. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim