Harga Sembako Merangkak Naik

ilustrasi: kabarbisnis.com

Harga berbagai kebutuhan konsumsi mulai merangkak naik. Dari pantauan yang dilakukan kabarbisnis.com di sejumlah pasar tradisional Surabaya, tren kenaikan ini terlihat mulai terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Harga telur, umpamanya, saat ini sudah naik menjadi sekitar Rp14.500 hingga Rp14.800 per kilogram, sementara harga beras juga naik Rp8.000 hingga Rp8.800 per kilogram untuk jenis medium IR-64.

Adapun harga tomat sayur juga mengalami kenaikan menjadi Rp7.000 per kilogram, dari harga beberapa waktu yang lalu hanya sebesar Rp2.000 per kilogram.

“Semua naik, kalau harga tomat naiknya bertahap. Dari Rp2.000 per kilogram menjadi Rp3.000, dan seterusnya hingga sekarang harganya sudah menjadi Rp7.000 per kilogram,” kata Fatimah, pedagang bumbu-bumbuan di Pasar Pagesangan Surabaya.

Harga bawang putih juga masih cukup tinggi, sekitar Rp8.000 per kilogram. Hanya harga bawang merah yang masih rendah, mencapai Rp6.500 per kilogram.

Agus Londo, salah seorang distributor telur, mengatakan, naiknya harga telur ini akibat banyaknya permintaan di luar pulau. Sementara kenaikannya juga bertahap sejak Idul Adha lalu.

“Akhir-akhir ini harga telur terus saja naik. Biasanya, tiap kenaikan di kisaran 200 hingga Rp300 per kilogram,” katanya menjelaskan.

Ia memperkirakan, kenaikan ini bakal terjadi dalam beberapa pekan atau bahkan sebulan ke depan. kabarbisnis.com

2 Komentar Pembaca

  1. Di Kab Lumajang harga sedikit diatas kebetulan kami petugas pemantau harga sembako di Disperindag Kab Lumajang

  2. Di Kabupaten Lumajang yang paling tinggi kenaikanya hari ini Rabu 3 Juli 2013 adalah cabe rawit (sret) HET mencapai Rp. 50.000,- per kilo gram sementara harga yang lain masih relatif stabil

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim