Ekspor 2011 Diyakini Capai US$17 Miliar

ilustrasi: kabarbisnis.com

Meski dalam beberapa bulan terakhir dibayangi oleh krisis di Amerika Serikat dan Eropa, Provinsi Jawa Timur tetap optimistis kinerja ekspor nonmigas tahun ini akan mencapai US$17miliar.

Hingga September 2011, tercatat realisasi ekspor Jatim mencapai US$14,457 miliar. Sementara realisasi ekspor per bulannya rata-rata mencapai US$1,2 miliar hingga US$1,5 miliar.

“Masih ada sekitar tiga bulan lagi. Kalau diambil rata-rata ekspor kita mencapai US$1 miliar per bulan, sampai akhir tahun realisasinya akan berada di kisaran US$17 miliar, naik dari tahun lalu yang hanya UUS$13 miliar. Ini angka minimal,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, Budi Setiawan, di Surabaya, Kamis (24/11/2011).

Dia mengatakan, Eropa bukan menjadi negara tujuan ekspor utama dan tidak masuk dalam sepuluh besar negara tujuan ekspor Jatim. Sedangkan Amerika Serikat yang masuk peringkat terbesar ketiga negara tujuan ekspor Jatim sejauh ini masih aman. Sampai September, tercatat ekspor ke AS masih mengalami kenaikan sebesar 23,84%, dari realisasi tahun lalu sebesar US$919,853 juta menjadi US$1,139 miliar.

“Ekspor terbesar masih ke Jepang dengan pencapaian sampai September US$2,57 miliar, naik 52,88% dari tahun lalu US$ 1,666 miliar. Disusul China mencapi US$1,696 miliar dari realisasi tahun lalu US$766,076 juta,” kata Budi.

Menurut Budi, memang untuk pasar Itali dan Yunani sudah mulai terasa dampaknya. Agar tidak berdampak negatif, saat ini Jatim kian gencar mencari tujuan ekspor baru non tradisional, seperti ke Mexico, Amerika Latin, dan beberapa kawsan Afrika.

“Selain itu, komitmen dari Kementerian Luar Negeri juga cukup bagus. Saat ini mereka tidak lagi selalu berbicara soal politik saja, namun akan lebih banyak porsinya ke ekonomi . Dengan komitmen tersebut, saya bertambah yakin jika laju ekspor non migas kita di tahun depan akan jauh lebih bagus,” katanya. kabarbisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim