2012, Tambah 6 Perwakilan Dagang

ilustrasi: kabarbisnis.com

Laju perdagangan Jawa Timur (Jatim) dengan berbagai provinsi lain semakin besar. Hingga semester I/2011 saja, realisasinya sudah mencapai Rp200 triliun. Angka tersebut naik sekitar 17% dibanding tahun lalu di periode yang sama sebesar Rp172 triliun.

Kepala Bagian Perindustrian dan Perdagangan Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim, Ahmad Basuki, mengatakan, saat ini Jatim sudah memiliki empat kantor perwakilan dagang, yaitu di Nusatenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Agar realisasi ekspor Jatim dengan provinsi lain semakin besar, tahun depan Pemprov Jatim akan menambah enam perwakilan dagang. Rencanaya, perwakilan ini akan ditempatkan di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Nusatenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Tim tersebut akan mewakili Jatim untuk mencari tahu produk potensial yang bisa diperdagangkan sekaligus mempromosikan produk unggulan Jatim di wilayah tersebut.

“Ini adalah komitmen kami untuk terus berupaya meningkatkan transaksi perdagangan antar pulau. Karena dengan jumlah penduduknya yang mencapai 337 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar yang sangat empuk. Untuk itu, kita harus lebih maksimal menggarapnya,” kata Ahmad Basuki saat acara Rapat Evaluasi Promosi dan Misi Danagn dan Invstasi Produk Unggulan Dalam dan Luar Negeri di Hotel Satelit Surabaya, Rabu (23/11/2011).

Dengan adanya perwakilan tersebut, maka dipastikan nilai transaksi ekspor antar daerah tahun depan akan semakin besar. Meskipun Basuki belum bisa memastikan berapa kenaikannya.

“Kalau secara nominal berapa naiknya, saya masih belum bisa mengestimasi. Tapi yang jelas akan lebih besar dari tahun ini. Saat ini, kontribusi perdagangan dari UMKM saja mencapai sekitar 53,4% dari total PDRB Jatim,” tegasnya.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim