Sekolah Pinggiran Prioritas Pendidikan Gratis

Ilustrasi

Sekolah-yang berada di pinggiran Kota Malang, Jawa Timur, menjadi prioritas program pendidikan gratis di daerah itu, karena sebagian besar siswanya dari keluarga miskin.
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang Tri Yudiani, Kamis, mengemukakan, selain sekolah pinggiran, pendidikan gratis juga diberikan bagi anak warga kurang mampu yang menempuh pendidikan di sekolah favorit.

“Anggaran yang diplot dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2012 untuk Dinas Pendidikan (Diknas) ini sebesar Rp137 miliar, termasuk untuk program pendidikan gratis,” ujarnya.

Sekolah yang akan menjadi prioritas pendidikan gratis di Kota Malang itu, sebanyak 115 dari 197 SD, dan untuk jenjang SMP sebanyak 56 dari 74 SMP. Sedangkan untuk jenjang SMA sebanyak 16 sekolah, dan SMK 15 sekolah.

Penggunaan anggaran untuk pendidikan gratis itu untuk membiayai SPP, SBPP (uang gedung), pakaian seragam sekolah, serta lembar kerja siswa (LKS).

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Christea Frisdiantara mengatakan, setelah komisi D melakukan kalkulasi bersama Diknas, anggaran sebesar Rp137 miliar itu masih kurang sekitar Rp4 miliar, karena kebutuhannya sekitar Rp141 miliar.

Apalagi, kata dia,, anggaran tersebut juga termasuk untuk gaji guru, baik yang sudah berstatus PNS maupun insentif guru tidak tetap dan honorer di lingkungan Diknas.

Anggaran itu, kata politisi dari Partai Demokrat tersebut, selain untuk program pendidikan gratis khususnya di sekolah-sekolah pinggiran dan siswa kurang mampu, juga dialokasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara umum.

“Kami akan perjuangkan kekurangan anggaran tersebut agar pendidikan gratis di daerah ini bisa terwujud. Mungkin lewat perubahan anggaran keuangan (PAK) 2012,” tegas Christea.(ant)

Komentar Pembaca

  1. aslkm.wr.wb ane kuliah dirauusjn ilmu politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)purwokerto, bulan juli (akhir) akan mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL, kebetulan ane diamanahkan jadi ketua KKL 2008,Temen2 ane sepakat salah satu tujuan KKL kali ini adalah DPRD SIDOARJO,terkait dengan lumpur sidoarjo. ane mau minta tlg sama ustadz, untuk memperlancar perizinan, mungkin email ane ini awal dari komunikasi pertama, ane sangat minta tlg ustadz, afwan jika krg berkenang, ane tunggu kbr ustadz. ini nmr HP ane. 085647684663

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim